Olahraga

Final Liga 1 Putri 2019

Cetak 3 Gol, Persib Bandung Tampil Sempurna

Bandung (beritajatim.com) – Tuan rumah Persib Bandung, sukses mencatatkan kemenangan meyakinkan 3-0 atas lawannya PS Tira Persikabo pada leg pertama laga final Liga 1 Putri 2019 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/2019). Tiga gol Putri Biru disumbangkan Febriana Kusumaningrum di menit ke-17, Tia Darti menit 45+2 dan Nurul Inayah menit ke-77.

Putri Biru langsung menampilkan permainan menyerang. Beberapa ancaman ditebar Risqi Yanti dan kawan-kawan meskipun laga belum genap berjalan sepuluh menit. Terus memberikan gempuran, akhirnya gol pembuka hadir melalui kaki Febriana Kusumaningrum pada menit ke-17. Sebelum menceploskan bola, aksi penetrasi solo run pemain yang akrab disapa Bengbeng itu melewati beberapa pemain belakang Tira Persikabo.

Selepas gol itu, Tira Persikabo mencoba untuk bangkit. Tim asuhan Dzulkifli Bashari mengurung pertahanan tuan rumah. Keuntungan sebenarnya didapatkan Tira Persikabo saat wasit menunjuk titik putih usai Mila Nur Karmila terlihat wasit menyentuh tangannya dengan bola. Namun, Helsya Maeisyaroh yang maju sebagai algojo gagal membuat timnya menyamakan skor.

Tira justru kembali harus kebobolan beberapa saat sebelum babak pertama usai. Tia Darti mencetak gol spektakuler melalui tendangan bebasnya pada akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persib yang sudah memimpin dua gol makin beringas. Een Sumarni dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan Tira Persikabo. Sayang, beberapa peluang yang dilahirkan Nurul Inayah, Bengbeng dan juga Reva Oktaviani masih belum menambah keunggulan.

Tira Persikabo mencoba keluar dari tekanan lawan. Permainan menyerang mulai ditampilkan tim asal Bogor ini. Serangan Tira nyaris membuahkan hasil pada menit 72. Namun, lagi-lagi mampu digagalkan barisan pertahanan tuan rumah yang digalang Vivi Oktavia Risky dan Diah Tri.

Mendapatkan banyak tekanan, Ibas melakukan perubahan skema. Pemain bertipikal bertahan, Desy Amelia dimasukan mengganti Mila Nur Karmila di pertengahan babak kedua.

Perubahan skema Ibas berbuah hasil. Putri Biru mampu menjauhkan skor nenjadi 3-0 melalui gol yang diciptakan Nurul “Uyung” Inayah menit ke-77. Tendangan terarah Uyung di dalam kotak penalti berhasil mengelabui kiper Tira Persikabo, Thasza Amelia. Gol ketiga dari Uyung sekaligus menjadi penutup untuk laga leg 1 Final Liga 1 Putri malam ini.

Usai kekalahan di laga ini, pelatih kepala Tira Persikabo Putri, Dzulkifli Bashari mengatakan, “Dari segi penampilan kami, hasil ini kurang memuasakan, absennya pemain utama kami, membuat pertahanan kami sedikit longgar, akan lebih baik kalau dia sudah kembali, karena itu akan membuat tim ini lebih komplit, cedera kiper tadi juga menjadi faktor lain lagi lemahnya pertahanan kami. Semoga di Bogor kami bisa membalikkan keadaan. Kami akan lebih percaya diri ketika nanti bermain di Pakansari,karena dibawah dukungan suporter kami,” jelasnya sebagaimana dikutip dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, bagi Risda Yulianti, pemain tengah Tira Persikabo, “Permainan kali ini cukup menegangkan, penonton lebih banyak, itu membuat atmosfir pertandingan berbeda dari laga-laga kami sebelumnya. Kurang memuaskan dari segi hasil, karena Persib bermain baik. Kami akan balas dendam di Pakansari,” katanya.

Dari tuan rumah, Pelatih Persib putri Iwan Bastian cukup bersyulur dengan raihan timnya malam itu. “Syukur Alhamdulillah di leg pertama kami dapat poin dan menang. Evaluasinya, kami harus bermain lebih bersabar dalam menciptakan peluang untuk cetak gol lebih banyak. Tetap harus fokus di leg kedua, karena semuanya bisa saja terjadi di sepak bola,” tuturnya.

Pemain Persib, Oktavia, bersyukur timnya makin kompak. “Terutama untuk para suporter, terima kasih atas dukungannya yang sangat membantu bagi kemenangan kami hari ini,” tegasnya. Dengan hasil ini, Putri Biru cukup bermain imbang di leg 2, Sabtu 28 Desember mendatang untuk keluar sebagai juara Liga 1 Putri 2019. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar