Olahraga

Catatan Milo untuk Perjalanan Arema FC di 2019

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija.

Malang (beritajatim.com) – Milomir Seslija akan menutup laga pamungkas sebagai pelatih bersama Arema FC saat menghadapi Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Banjarmasin, Minggu (22/12/2019).

Milo memiliki beberapa catatan terkait perjalanan tim Singo Edan selama musim 2019. Dia menyebut, untuk menjadi tim kuat dibutuhkan investasi panjang. Tim harus dibangun dari awal untuk kemudian menjadi hebat di musim-musim berikutnya.

“Mungkin dulu Arema tim yang kuat tapi musim ini semuanya berbeda inilah yang menarik. Tim yang kuat harus memiliki investasi dalam jangka panjang,” ujar Milo.

Pelatih asal Bosnia itu mengatakan, investasi yang kuat bisa membuat tim konsisten dalam segi penampilan. Secara terang-terangan dia mengakui timnya dirundung persoalan inkonsistensi. Diawali dengan juara Piala Presiden, Arema FC justru terpuruk di Liga 1.

“Dalam sepak bola kita harus konsisten bila ingin berprestasi. Kemarin kita bagus di Piala Presiden tetapi di Liga kita menurun. Karena kita tidak konsisten. Bila kita konsisten kita bisa mempertahankan prestasi,” papar Milo.

Selain itu, dia berharap suporter tidak terlalu memberikan intervensi berlebihan kepada tim. Dia menilai kritik boleh saja dilakukan sepanjang untuk perbaikan tim. Namun, bila ada tuntutan yang berlebihan justru bisa menganggu konsentrasi pemain.

“Untuk suporter juga jangan terlalu melakukan intervensi. Tuntutan a.b.c.d itu akan berpengaruh kepada tim. Karena dalam sepak bola itu pelatih punya porsi, pemain punya porsi dan suporter punya porsi dan inilah seharusnya,” kata Milo.

Milo mengatakan, suporter seharusnya memberikan dukungan kepada pemain ketika performanya sedang terpuruk. Sebab, pemain butuh dukungan untuk keluar dari situasi sulit.

“Karena tidak bisa ketika pemain performa buruk justru di jelek-jelekan bisa membuat pemain jatuh. Padahal disinilah peran suporter dibutuhkan untuk terus memberikan dukungan ke pemain apapun kondisinya,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar