Olahraga

Pendidikan Luar Negeri

Calon Mahasiswa Asal Surabaya Kuliah di Malaysia Meningkat 15 %

Surabaya (beritajatim.com) – Peminat calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di luar negeri khususnya di Kuala Lumpur meningkat setiap tahunnya.

Hal ini terbukti dari jumlah mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Kuala Lumpur setiap tahunnya mencapai 11 ribu siswa. Bahkan mahasiswa asal Surabaya terbanyak nomor dua yang menempuh jalur pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Kuala Lumpur.

Jika menurut data dari Kedutaan Besar Malaysia Jakarta terhitung sebanyak 15 persen mayoritas mahasiswa di Malaysia berasal dari Surabaya, hal ini terlihat dari ketertarikan setiap event pendidikan yang dibuat di kota Surabaya.

Antusias pendidikan di kota ini cukup besar meskipun di Malaysia tidak ada program studi unggulan karena hampir semua jurusan merata di setiap universitas swasta dan negeri.

Hanya saja, salah satu perguruan tinggi di Malayasia, Universitas Melaya menjadi salah satu perguruan tinggi banyak diminati karena salah satu perguruan tinggi yang menapaki peringkat ke 87 sebagai universitas terbaik di Dunia.

“Sekarang ini ada 11 ribu mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di Malaysia dan 15 persen dari Surabaya dan itu merata bukan hanya dari kalangan menengah atas tapi juga dari kalangan menengah mulai banyak yang kuliah di luar negeri. Peminat setiap tahun bertambah meski di Malaysia tidak ada jurusan yang dominan dan kualitas bel seperti di UK, Jerman dan Belanda tapi kita ada beberapa universitas yang berkualitas secara internasional,” ucap Profesor Madya Dr. Mior Harris Bin Mior Harun, Mentri Penasihat Kedutaan (pendidikan) Malaysia Jakarta.

Hal senada pun disampaikan oleh Amir Hamzah Bin MD Isa, Ketua Ekskutif Koleg Uniti mengatakan saat ini banyaknya beasiswa dari Universitas negeri dan swasta yang menawarkan kemudahan mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di Malaysia.

“Kuliah luar negeri dipikir hanya orang elit saja namun saat ini untuk kaum menengag juga bisa, tentu dengan beberapa pilihan universitas yang memberikan bentuk beasiswa, meskipun tidak banyak dan tidak besar untuk beasiswa di universitas swasta,” ucal Amir, Selasa (23/4/2019).

Rencananya program Education malaysia dan Q Study ini bukan hanya di Surabaya, akan ada di beberapa kota di Indonesia seperti Cirebon, Bandung dan Jakarta. [way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar