Olahraga

Bupati: Jember Punya Pemain Hebat Era Bung Karno Bernama San Liong

Bupati Hendy Siswanto dalam acara seleksi calon pemain tim nasional Indonesia U16 dan U19 di Stadion Notohadinegoro, Sabtu (6/3/2021). [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki potensi pemain sepak bola berbakat sejak dulu. Bupati Hendy Siswanto menyinggung nama Thee San Liong, dalam pidatonya saat membuka seleksi calon pemain tim nasional Indonesia U16 dan U19 di Stadion Notohadinegoro, Sabtu (6/3/2021).

“Di Kabupaten Jember, dulu tahun 1960-an, sudah ada jagoan yang hebat main bola. Sebelum Jawa Timur ini punya atlet hebat, Jember sudah punya. Namanya Thee San Liong. Itu yang punya Toko Central. Sekarang tinggal di Jalan Sultan Agung. Di situ jualan roti dari dulu sampai sekarang,” kata Hendy.

Menurut Hendy, San Liong adalah salah satu pemain yang memperkuat tim nasional Indonesia saat Olimpiade 1956. “Zaman Presiden Soekarno saat itu,” katanya.

Hendy ingin agar seleksi calon pemain tim nasional yang digelar Asosiasi PSSI Kabupaten Jember digelar dengan benar. “Jangan menyeleksi main-main. Karena ini saudara, tretan dibik e kalak, tretan se laen tak olle (karena suadara sendiri lalu diloloskan, saudara yang lain tidak diloloskan, red). Saya hanya minta sebenar-benarnya. Kalau seleksinya main-main, tidak usah ada seleksi. Bubar saja sudah,” katanya.

“Saya ingin Jember ini baik, ikuti aturan. Pemerintah Kabupaten Jember akan memperhatikan Anda. Bukan hanya main bola, setelah dapat prestasi dibiarkan saja. Tidak. Kami akan perhatikan bagaimana kehidupan Anda selanjutnya. Itu akan jadi komitmen Pemerintah Kabupaten Jember sekarang dan nanti,” kata Hendy.

Hendy berharap sepak bola Jember bangkit kembali. “Mari kita bangkitkan olahraga Jember. Jangan lihat yang kemarin. Yang kemarin biarlah berlalu. Tidak ada kegiatan apa-apa. Namun sekarang saatnya Jember harus melakukan kegiatan apapun olahraga itu,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar