Olahraga

Bungkam Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Piala Euro 2020

Para pemain Italia merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal EURO 2020 antara Italia melawan Spanyol di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB. [Photo/AFP]

Wembley (beritajatim.com) – Tim Italia atau biasa disebut Gli Azzurri melaju ke Final Piala Eropa usai mengalahkan Tim Matador Spanyol 4-2 melalui babak adu pinalti di stadion Wembley Inggris Rabu (7/7) dini hari WIB.

Di waktu normal, skor bertahan sama kuat 1-1. Italia membuka keunggulan terlebih dahulu lewat aksi Federico Chiesa di menit 60. Spanyol kemudian membalas via gol Alvaro Morata pada menit 80.
Dengan hasil ini, Italia berhak melaju ke partai puncak Euro 2020. Mereka akan bertemu pemenang antara Inggris vs Denmark.

Drama adu penalti harus dilakukan, empat penendang Italia berhasil menjalankan tugasnya dalam drama adu penalti ini, sedangkan hanya dua dari empat penendang Spanyol yang berhasil. Penendang terakhir Spanyol sudah tidak diperlukan lagi karena sudah tidak menentukan. Posisi akhir adu penalti adalah 4-2 untuk Italia.

Keempat penendang Italia yang berhasil adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar dia atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Ini pertama kalinya Spanyol gagal memenangkan semifinal Euro dari lima babak semifinal yang telah mereka jalani. Tiga di antaranya berakhir dengan status juara Eropa.

Starting XI Italia vs Spanyol
Italia: Donnarumma, Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson, Barella, Jorginho, Verratti, Chiesa, Immobile, Insigne
Spanyol: Simon, Azpilicueta, Laporte, Garcia, Alba, Koke, Busquets, Pedri, Olmo, Torres, Oyarzabal



Apa Reaksi Anda?

Komentar