Olahraga

Bukit Butak Songkro Trawas, Spot Baru Atlet Paralayang Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Bukit Butak Songkro di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto viral setelah sejumlah atlet paralayang Jawa Timur melakukan uji coba penerbangan pada pekan lalu.

Bukit dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut (MDPL) dan jarak tempuh 1,6 kilometer (KM) dari titik landing dinilai sangat layak untuk penerbangan bebas.

Ketua Umum Pengurus Kabupaten Federasi Aero sport Seluruh Indonesia (Pengkab FASI) Mojokerto, Ismadi mengatakan, Bukit Butak Songkro ditemukan oleh tim dari FASI Jatim dan pecinta alam.

“Pekan lalu, sudah dilakukan uji coba perdana dan hasilnya sangat layak. Kecepatan angin juga tidak terlalu kencang,” ungkapnya, Selasa (21/7/2020).

Bukit Butak Songkro digadang-gadang bakal menjadi salah satu spot pembinaan dan wisata paralayang terbaik di Jawa Timur. Meski diakui sarana dan prasarana pendukung belum terpenuhi, namun lokasi tersebut sudah dianggap cocok untuk meningkatkan kualitas skill atlet. Termasuk sebagai wahana liburan baru bagi wisatawan lokal maupun nasional.

“Sehingga Bukit Butak Songkro pas untuk pembinaan sekaligus wisata. Pekan lalu sudah dilakukan uji coba perdana penerbangan atlet profesional bersama Pengprov FASI Jatim. Ini yang pertama tapi sensasi dan keamanannya dianggap sangat pas untuk dijadikan sarana latihan atlet profesional, 1.200 MDPL dan jarak tempuh 1,6 KM dari titik landing,” katanya.

Kabupaten Mojokerto memiliki empat atlet yang ikut dalam pembinaan rutin. Selama ini, mereka lebih banyak berlatih di Gunung Banyak, Kota Batu. Mengingat, di Kabupaten Mojokerto belum ditemukan spot layak yang bisa dijadikan sebagai sarana latihan. Dengan dibukanya Bukit Butak Songkro sebagai spot latihan baru, pihaknya optimistis akan banyak muncul calon-calon atlet berbakat cabang olahraga (cabor) paragliding dari Bumi Majapahit.

“Selama ini memang masih belum ada yang pas. Namun setelah Bukit Butak Songkro ditemukan oleh tim dari FASI Jatim dan pecinta alam, kayaknya akan ada peresmian spot latihan baru untuk atlet paralayang di Kabupaten Mojokerto sekaligus wisata,” paparnya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar