Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bonus Atlet, Wakil Bupati Blitar Sarankan Gunakan Dana Hibah

Blitar (beritajatim.com) – Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso, menemui puluhan atlet yang berunjuk rasa menuntut pembayaran bonus Porprov di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN), Kamis (24/11/2022). Dalam kesempatan itu Rahmat Santoso menampung semua aspirasi dari para atlet terkait molornya bonus peraih medali di Porprov Jatim lalu.

Wabup Blitar itu pun memberikan solusi kepada KONI dan Disparbudpora untuk menggunakan dana hibah. Hal itu dilakukan agar bonus para atlet dapat cepat dicairkan serta diberikan.

“Tadi solusinya ya saya minta untuk menggunakan dana hibah biar cepat dicairkan dan pertanggungjawabannya ada di KONI,” kata Wabup Blitar, Rahmat Santoso.

Rahmat Santoso menambahkan bahwa permasalahan bonus atlet Porprov ini berasal dari ketidaksesuaian antara dana yang diajukan oleh KONI dengan anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Disparbudpora. Dimana anggaran yang diajukan KONI dan yang disetujui oleh Pemkab Blitar mengalami selisih yang cukup banyak.

KONI mengajukan dana sekitar 1,5 miliar rupiah namun oleh Pemkab Blitar hanya menyetujui sekitar 146 juta rupiah saja. Hal itulah yang membuat KONI masih terus meminta agar Pemkab Blitar mau memberikan dana bonus atlet sesuai dengan usulan awal.

“Sebetulnya kita ini tinggal memberikan saja tapi kan mekanisme dari anggaran yang saya tidak mengerti tadi sehingga ada penolakan dari KONI kalau Rp 146 juta jauh sekali dari yang diharapkan KONI Rp 1,5 miliar itupun sudah mepet sekali,” bebernya

Maka dari itu Wabup Blitar meminta untuk dilakukan pembahasan terkait mekanisme penggunaan dana hibah pada Senin mendatang. Diharapkan dengan begitu permasalahan dana bonus atlet segera terselesaikan dan tidak menjadi aib untuk Pemerintahan Kabupaten Blitar.

Wakil Bupati Blitar itu juga akan memberikan bonus atlet Porprov secara pribadi senilai 3 juta rupiah untuk peraih medali emas. Sebelumnya Rahmat Santoso sudah berjanji kepada para atlet bahwa ia akan memberikan bonus uang 3 juta rupiah kepada setiap atlet yang meraih medali emas di ajang Porprov Jawa Timur pada bulan Juli lalu.

“Saya tidak pernah menyampaikan uang itu, saya hanya menyampaikan uang bonus dari saya pribadi, untuk itu saya akan cairkan secepatnya,” imbuhnya

Lebih lanjut Wakil Bupati Blitar itu mengatakatan tidak mengetahui soal mekanisme penganggaran di Pemerintahan Kabupaten Blitar. Selama ini hanya bertugas sesuai tugas dan kewenangan sebagai Wakil Bupati Blitar yang tidak mengurusi soal anggaran dan rencana pengalokasian dana.[owi/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar