Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bonus Atlet PON Papua Cair, Tapi Masih 33 Persen

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menunggu lebih dari tiga bulan pasca PON Papua November 2021 lalu, bonus atlet peraih medali akhirnya cair.

Rasa lega tentu dirasakan oleh para atlet, salah satunya Senyum Jafro Megawanto. Atlet paralayang Jawa Timur (Jatim) yang akhirnya menerima bonus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Rabu (16/2/2022). Bonus ini adalah apresiasi dari Pemprov Jatim untuk para atlet yang telah berjuang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Jafro menjadi salah satu tumpuan Jatim di PON Papua tahun lalu. Ia mengoleksi 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Mayoritas medali ia dapatkan di nomor beregu atau duo. Prestasi itu membuat pundi Rupiah-nya bertambah. Sebab ia baru saja menerima bonus Pemprov Jatim. “Alhamdulillah bonus ini akhirnya cair. Terima kasih untuk Pemprov Jatim,” bilang atlet asal Kota Batu tersebut, Rabu sore.

Pencairan bonus untuk atlet Jatim memang secepat daerah lainnya. Namun Jafro tidak mempermasalahkannya. Ia sadar bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai. Sehingga pos anggaran memang lebih dipriopritaskan untuk sektor kesehatan dan sosial.

“Saya sebagai atlet juga menyadari kondisi masih seperti ini pandemi. Masih banyak yang membutuhkan daripada bidang olahraga. Jadi saya memaklumi,” terang Jafro.

Penyerahan bonus untuk atlet-atlet Jatim dilakukan secara simbolis di Ruang Rapat Binaloka Adikara di kompleks Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, Surabaya. Hadir belasan perwakilan atlet serta pelatih. Penyerahan bonus dilakukan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak didampingi Sekretaris Umum KONI Jatim, Harun.

“Pada prinsipnya kami merasa bangga atas prestasi atlet. Semoga mereka juga bangga menggunakan baju Jawa Timur ini. Untuk bisa berada disini adalah suatu capaian yang sangat hebat. Bisa mewakili Jawa Timur dan ternyata betul mencetak prestasi nasional dan kita tahu banyak berkiprah di tingkat internasional. Ini suatu yang harus disyukuri kita semua,” terang Emil.

Sementara itu, Kadispora Jatim Pulung Chausar mengatakan pencairan bonus akan dilakukan dalam dua termin. Termin pertama diterima atlet pada bulan ini. Nilainya 33 persen dari total keseluruhan bonus yang didapatkan masing-masing atlet. Sedangkan sisanya diberikan pada triwulan terakhir pada 2022 ini.

“Jadi kita ada beberapa termin dalam pencairan bonus, saat ini masih 33 persen yang kami kasih selanjutnya ya menunggu triwulan terakhir 2022 ini. Dan pajak dari bonus ini dibebankan ke penerima,”imbuhnya. [way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar