Olahraga

Bonek Writer Forum Gelar Diskusi Online Bola dan Aksi Kemanusiaan

Jember (beritajatim.com) – Bonek Writer Forum menggelar program WFH (Write From Home) selama masa pandemi Covid-19. Salah satu bagian dari program itu adalah diskusi dalam jaringan internet bertajuk Cangkrukan Online Kita.

Diskusi dalam jaringan ini akan berjalan empat putaran. Putaran pertama digelar pada Kamis (7/5/2020), pukul 13.00 – 15.00 melalui aplikasi Zoom. “Tema diskusi adalah Aksi Kemanusiaan Seputar Sepak Bola,” kata Fajar Junaedi, dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang akan menjadi moderator.

Dua pemantik gagasan dua anggota Bonek Writer Forum, yakni Agnes Santoso, seorang jurnalis televisi, dan Rojil Nugroho Bayu Aji, seorang dosen sejarah Universitas Negeri Surabaya dan penulis buku sejarah sepak bola. Diskusi ini terbuka untuk umum.

“Kami akan berdiskusi tentang aksi kemanusiaan yang dilakukan teman-teman suporter sepakbola kala bencana . Yang menarik tidak hanya bencana, suporter juga melakukan mitigasi bencana seperti yang dilakukan Bonek Disaster Rescue Team di Surabaya,” kata Fajar.

Menurut Fajar, mitigasi pertandingan sepakbola di Indonesia sangat lemah. “Indikatornya kurangnya papan dan panduan mitigasi di stadion saat pertandingan. Akibatnya ketika terjadi bencana, terutama yang pernah terjadi karena faktor manusia, jatuh korban,” katanya.

“Pertandingan sepakbola melibatkan banyak orang yang mencapai ribuan sehingga perlu ada mitigasi . Yang menarik justru suporter sepakbola yang punya concern pada mitigasi. Padahal seharusnya panitia pelaksana yang paling aware tentang mitigasi,” kata pria asal Madiun ini. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar