Olahraga

Bonek Writer Forum Diskusikan ‘Bencana Itu Bernama Sepak Bola’

Jember (beritajatim.com) – Bonek Writer Forum akan menggelar diskusi dalam jaringan internet ‘Cangkrukan Online Kita 2’, Sabtu (9/5/2020) siang ini. Kali ini diskusi mengambil tema ‘Bencana Itu Bernama Sepak Bola’.

Kali ini ada tiga pemantik diskusi, yakni Yamadipati Seno (seorang fans Arsenal dan kolumnis di situs Mojok), Dianita Iuschinta (perempuan penulis spesialis sepak bola), dan Dhion Prasetya (penulis dua buku tentang Persebaya). Diskusi akan berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan terbuka untuk umum. Bagi yang berminat, tinggal mendaftarkan diri di nomor 08121620272.

Seno akan memulai diskusi dengan membicarakan sisi negatif pandangan ‘sepak bola adalah agama’. “Pandangan ini bikin fans jadi susah melebarkan pandangan dan menerima perbedaan,” katanya. Beberapa kali peristiwa kerusuhan dan bencana sepak bola terjadi karena konflik yang dipicu fanatisme berlebihan.

Seno menambahkan, akhirnya pada titik tertentu orang-orang yang terlibat di liga sepak bola tidak mau menghentikan kompetisi di tengah masa darurat. “Padahal bahaya besar ada di sana, ketika liga dipaksakan berjalan. Ada banyak hal-hal penting yang terlihat kecil padahal urgen sekali. Jadinya, sepak bola itu sendiri menjadi bencana ketika orang-orang di dalamnya tak bisa ‘merasa’ dan ikhlas,” katanya.

Dhion akan bicara soal tragedi kecelakaan pesawat yang membuat sebuah klub sepak bola hancur. Setidaknya ada tiga klub yang mengalami kecelakaan pesawat sepanjang sejarah, yakni Torino, Manchester United, dan Chapoense. “Ada yang berhasil keluar dari kepedihan dan menjadi klub besar. Tapi ada yg masih mencari jati diri hingga saat ini,” katanya.

Dianita akan menyampaikan pandangan soal dunia psikologi dalam sepak bola. “Lebih ke psychological first aid. Jadi bencana atau tekanan-tekanan yang dirasakan pemain dan pelatih dan dipendam, bikin mereka tidak baik-baik saja. Masalah bakal makin runyam, berdampak terhadap fisik dan performa mereka,” katanya.

Dianita akan bicara soal pentingnya penanganan psikologi dalam sepak bola. “Saya akan ambik contoh darui cerita drama Korea: atletnya stres dan mengalmi trauma. Akhirnya berani ke psikiater dan performanya naik sampai menembus tim nasional,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar