Olahraga

Bonek Persebaya Diabadikan dalam Perjalanan ke Mars

Jember (beritajatim.com) – Ada kabar dari Amerika Serikat. Nama Bonek Persebaya menjadi salah satu nama yang disimpan dalam Perseverance yang diberangkatkan lembaga antariksa NASA ke planet Mars. Misi angkasa ini sudah diberangkatkan, Kamis (30/7/2020) malam dan akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Perseverance adalah semacam robot berbentuk mobil yang diberangkatkan NASA ke Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel untuk dikirim kembali ke bumi. Segala sesuatu mengenai misi ini bisa dicek di website https://mars.nasa.gov.

NASA membuka peluang kepada warga bumi untuk mendaftarkan nama untuk dibawa dengan Perseverance ke Mars. Menurut situs tersebut, ada 10,9 juta nama yang terbang bersama Perseverance. Orang yang mendaftarkan nama Bonek Persebaya adalah Yudhiakto Pramudya, anggota Bonek Writer Forum dan dosen fisika Universitas Achmad Dahlan Jogjakarta.

“Nama Bonek Persebaya diukir di lempeng silikon. Mengukirnya dengan menggunakan berkas elektron, sehingga bisa menulis jutaan nama yang sudah disetor. Jadi mirip mengukir nama pemenang atau juara (champion) di piala,” kata Yudhiakto kepada beritajatim.com, Jumat (31/7/2020).

Yudhiakto sebenarnya iseng saja mendaftarkan nama Bonek Persebaya. “Mereka rutin memberikan kesempatan bagi orang umum untuk kirim nama. Ya sekadar memberikan interaksi dengan penduduk bumi, untuk inklusif juga, bahwasanya setidaknya kita bangga ada nama kita di Mars,” katanya.

“Namun, setiap misi penjelajahan antariksa itu bersejarah. Jadi, tentu akan lebih membanggakan bila menjadi bagian dari sejarah meskipun cuma sedikit. Miriplah dengan perasaan seorang suporter yang bela-belain nonton klubnya bertanding. Menjadi bagian dari sejarah, meski cuma penonton,” kata alumnus SMA Negeri 2 Surabaya ini.

Dengan terdaftar di Perseverance, Yudhiakto percaya, akan ada semacam keterikatan pemikiran. “Misal, nama saya juga di robot tersebut, saya akan cenderung mengikuti kabar perjalanan robot Perseverance tersebut dari masa ke masa,” kata doktor fisika lulusan Wesleyan University, negara bagian Connecticut, Amerika Serikat itu.

“Nah, selain adanya kebanggan nama Bonek Persebaya terukir di robot tersebut, tentunya makin banyak Bonek yang berminat mengikuti kabar robot Perseverance, kepo tentang apa sih yang dilakukan robot itu, dan tentunya bolehlah menaruh harapan agar lebih banyak Bonek yang peduli dan mendukung sains dan teknologi,” kata Yudhiakto.

Bonek dan Persebaya adalah bagian dari keluarga besar sepak bola Indonesia yang tercatat dalam misi ke angkasa. Sebelumnya, ada klub Independiente, Argentina, yang terikat dengan penerbangan ke angkasa luar. Tahun 1969, petugas humas klub itu Hector Rodriguez yang meminta kepada Neil Armstrong, salah satu astronot Apollo 11 yang ke Bulan, untuk membawa panji klub ke antariksa.

Armstrong memenuhi permintaan itu dan meninggalkan panji-panji Independiente di bulan. Itulah kenapa kemudian Neil Armstrong dihormati sebagai salah satu legenda klub. Saat dia wafat pada 25 Agustus 2012, klub menggelar acara mengheningkan cipta selama semenit sebelum pertandingan melawan Arsenal de Sarandi. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar