Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bantai Myanmar 5-1, Tapi Timnas U-19 Gagal Lolos Semifinal

Surabaya (beritajatim.com) – Timnas U-19 Indonesia berhasil mengentaskan perlawan Myanmar dengan 5-1. Namun, Indonesia harus memupus harapan berlaga di babak selanjutnya lantaran laga lain yang mempertemukan Thailand Vs Vietnam berakhir dengan skor 1-1.

Timnas Indonesia sempat kebobolan lebih dulu pada laga hidup dan mati grup A Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Meski aktif menyerang sejak awal menit, gol cepat dari La Min Htwe di menit ke-6 membuat anak asuh Shin Tae Yong terkejut.

Indonesia yang tertinggal 1-0, baru memberi gol balasan pada di ke-17 lewat sundulan kapten tim, Muhammad Ferrari. Skor menjadi sama kuat 1-1. Indonesia terus menekan, hasilnya Garuda Nusantara berbalik unggul 2-1 di menit ke-25 melalui tendangan jarak jauh Arkhan Fikri.


Ferarri berhasil mencetak brace di laga itu sekaligus membawa Indonesia unggul 3-1. Gol yang terjadi di menit ke-31 itu diawali dari tendangan bebas Zanadin Fariz. Striker Timnas Indonesia U-19 yang sebelumnya mencetak hattrick, Rabbani Tasnim, kembali menunjukkan tajinya.

Rabbani mendapatkan umpan terobosan, lalu berduel dengan bek Myanmar untuk mempertahankan bola. Berada di kotak penalti, eksekusi kaki kanan Rabbani berhasil membawa Indonesia unggul 4-1 di menit ke-33. Tambahan waktu dua menit diberikan official pertandingan. Namun tak ada yang mencetak gol lagi di babak pertama.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong melakukan dua pergantian pemain. Rabbani Tasnim dan Mikael Tata digantikan Ronaldo Kwateh dan Edgard Amping. Alfriyanto Nico dimasukkan saat menit ke-50, menggantikan Ferdiansyah Cecep.

Timnas U-19 Indonesia bermain lebih menunggu pada babak kedua. Aksi bertahan Garuda Muda Nusantara ditampilkan begitu brilian saat Cahya Supriadi berhasil mengamankan peluang emas La Min Htwe di menit ke-65.

Timnas Indonesia kembali menambah keunggulan di menit ke-71. Menerima umpan Zanadin Fariz, Ronaldo Kwateh menaklukkan kiper Myanmar lewat sepakan di kotak penalti, skor menjadi. 5-1. Tidak ada gol lagi tercipta pada sisa waktu normal, hingga pertandingan berakhir.

Di sisi lain, pada laga Grup A yang mempertemukan Thailand vs Vietnam berakhir imbang 1-1. Thailand baru bisa mencetak gol pada menit ke-72. Namun, semenit berlalu Vietnam membalas untuk menyamakan skor 1-1. Di sisa laga kedua tim bermain aman, Vietnam memainkan bola di area sendiri, sementara Thailand menunggu tanpa tekanan. Hasil itupun membuat Timnas Indonesia gagal lolos ke babak selanjut AFF U19 2022. (dan/kun)

Ekspresi usai gol kedua Indonesia vs Myanmar (Instagram @pssi)


Apa Reaksi Anda?

Komentar