Olahraga

Bangun Mental Pemain Hadapi Tekanan Laga Kandang

Pelatih Madura FC, Agus Yuwono

Sumenep (beritajatim.com) – Madura FC segera menjalani laga kandang berikutnya pada Jumat, 13 September 2019 melawan Mitra Kukar di Stadion A. Yani Sumenep.

“Untuk kondisi fisik para pemain saat ini bagus. Tapi pemain tidak hanya butuh fisik. Pemain juga harus punya mental yang kuat untuk menghadapi lawan. Apalagi ini laga kandang,” kata Pelatih Madura FC, Agus Yuwono, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, laga kandang seringkali memunculkan kekhawatiran bagi para pemain, karena dituntut harus menang. Padahal sebenarnya, baik laga kandang maupun tandang, para pemain memang dituntut menang. “Tapi tekanan mental saat bermain di kandang cenderung lebih besar, karena anak-anak bertanding di hadapan publik sendiri,” ujar AY, sapaan akrab Agus Yuwono.

Karena itulah, lanjut AY, tim pelatih terus berusaha menguatkan kondisi psikis para pemain agar siap 100 persen tampil di kandang. Salah satunya dengan mengajak pemain bicara, supaya mereka bisa mengelola kekhawatiran tersebut sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri agar tampil maksimal di laga kandang.

“Itu bukan pekerjaan yang mudah. Tapi kami wajib berusaha membangkitkan kepercayaan diri para pemain. Jangan sampai laga di kandang membuat mereka justru khawatir berlebihan atau takut. Kalau itu terjadi, pemain tidak akan bisa tampil maksimal,” tukasnya.

AY mengatakan, kekhawatiran berlebihan sebagaimana kepercayaan diri yang berlebihan itu sama saja merugikan. Kondisi tersebut cenderung membuat pemain tidak fokus dan kurang konsentrasi selama laga berlangsung.

“Itu sesuatu yang terus kami cegah dan antisipasi agar pemain bisa bermain lepas. Para pemain harus main maksimal agar peluang meraih hasil maksimal tetap terjaga. Kondisi fisik harus selaras dengan psikis,” ucapnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar