Olahraga

Balapan TDBI 2019 Makin Menarik, Ini Buktinya

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah peserta dari luar negeri memastikan ambil bagian di Tour De Banyuwangi Ijen 2019. Mereka datang tidak hanya sebagai pemanis belaka dalam kompetisi.

Tapi, dari tim tersebut bercokol sejumlah nama yang memiliki segudang prestasi dunia. Tentunya, hal ini yang akan membuat dari sisi balapan menjadi lebih menarik.

Kondisi ini pula membuktikan, gelaran TDBI diminati oleh pebalap kelas dunia. Terlebih, TDBI juga masuk dalam kalender balap sepeda dunia Union Cycliste Internationale (UCI).

Sebut saja nama Team UKYO (Jepang), KINAN Cycling Team (Jepang), Taiyuan Miogee Cycling Team (Tiongkok), St George Continental Cycling Team (Australia), dan Team Sapura Cycling (Malaysia). Mereka mencatat prestasi apik dalam rangkaian 2019 UCI Asia Tour.

Team UKYO misalnya. Mereka tercatat sebagai juara Tour de Tochigi, Jepang, Maret lalu. Team Sapura Cycling juga cukup berjaya tahun ini. Mereka menjadi yang terbaik pada Tour de Langkawi, dan Tour de Iskandar Johor. Sapura juga tercatat sebagai juara Tour de Singkarak 2018.

Sementara Taiyuan Miogee Cycling Team adalah pemenang Tour de Filipinas, dan Tour of China I. Terengganu Cycling Team berjaya pada Oita Urban Classic di Jepang, pertengahan Agustus lalu, dan St George Continental Cycling Team yang diperkuat Ryan Cavanagh, adalah jawara Tour of Thailand, awal April lalu.

Sedangkan Kinan Cycling Team yang diperkuat Thomas Lebas, merupakan juara Tour de Indonesia 2019. Thomas Lebas sendiri merupakan peraih yellow jersey pada TDBI 2018.

Chairman TdBI Guntur Priambodo menambahkan, TdBI 2019 juga akan diikuti belasan tim internasional lainnya, seperti Go For Gold (Filipina), Global Cycling (Filipina), Sepahan Cycling Team (Iran), Terengganu Inc. TSG Cycling Team (Malaysia), Omidnia Mashhad Team (Iran), Qinghai Tianyoude Cycling Team (Tiongkok), Aisan Racing Team (Jepang), dan Nex Cycling Team (Singapura).

“Para pembalap yang memperkuat tim-tim ini datang dari 23 negara. Seperti Belanda, Spanyol, Australia, Selandia Baru, India, Jepang, Prancis, Jerman, Rusia, Iran, Irlandia, Slovakian Thailand, Tiongkok, Kolombia, Italia, Hongkong, dan Inggris,” terang Guntur, Senin (23/9/2019).

Selain tim asing, lanjutnya, tim-tim asal Indonesia juga berpartisipasi di ajang ini. Mereka yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya antara lain, BRCC Banyuwangi, PGN Road Cycling Team, KGB Jakarta, dan KFC Cycling Team. Bukan hanya itu, tim nasional Indonesia dan Malaysia juga dipastikan ambil bagian dalam ajang yang memasuki tahun ke 9 tersebut.

“Ajang TdBI ini menjadi persiapan bagi tim-tim ini untuk menambah poin menuju Olimpiade 2020 di Jepang,” pungkas Guntur.

Tour de Banyuwangi Ijen akan dilaksanakan dalam empat etape dengan total lintasan sepanjang 520,6 KM. Ini data peserta TDBI 2019.

Peserta TdBI 2019 dari Luar Negeri:

1. Team UKYO (Jepang)
2. KINAN Cycling Team (Jepang)
3. Taiyuan Miogee Cycling Team (Tiongkok)
4. St George Continental Cycling Team (Australia)
5. Team Sapura Cycling (Malaysia)
6. Go For Gold (Filipina)
7. Global Cycling (Filipina)
8. Sepahan Cycling Team (Iran)
9. Terengganu Inc. TSG Cycling Team (Malaysia)
10. Omidnia Mashhad Team (Iran)
11. Qinghai Tianyoude Cycling Team (Tiongkok)
12. Aisan Racing Team (Jepang)
13. Nex Cycling Team (Singapura)
14. Tim nasional Malaysia

Peserta ITdBI 2019 dari Dalam Negeri

1. Tim nasional Indonesia
2. BRCC Banyuwangi
3. PGN Road Cycling Team
4. KGB Jakarta
5. KFC Cycling Team. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar