Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bahan Lintasan Atletik di Stadion JSG Jember Harus Impor

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni

Jember (beritajatim.com) – Pembangunan lintasan atletik di Stadion Jember Sport Garden di Kabupaten Jember, belum selesai jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim). Rekanan pengerjaan masih harus menunggu bahan dan alat pemasangan yang didatangkan dari luar negeri.

Kepala Dinas Cipta Karya Jember Rahman Anda membenarkan, jika perbaikan venue di Stadion JSG baru sekitar 17 persen. “Bahannya didatangkan dari luar negeri. Insya Allah alat sudah datang dan bahannya sebagian datang,” katanya.

Rahman akan berupaya agar perbaikan venue bisa kelar sepuluh hari sebelum pembukaan porprov. “Dengan jangka waktu kontrak yang kami berikan kepada rekanan, paling tidak pertengahan Juni sudah selesai semuanya,” katanya.

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni merasa parlemen perlu mendorong Dinas Cipta Karya Jember yang bertanggung jawab atas perbaikan venue agar memacu perbaikan. “Harus selesai, karena pembukaannya 25 Juni. Paling tidak sepuluh hari sebelum itu sudah harus selesai. Berdasarkan kontrak, perbaikan di beberapa tempat 11 Juni sudah harus selesai,” katanya.

“Kita pacu rekanan-rekanan (perbaikan venue) agar bekerja keras, bila perlu mendatangkan lagi tenaga-tenaga tambahan. Lintasan atletik yang bahan-bahannya dari luar negeri adalah risiko yang harus mereka tanggung. Ketika memenangi lelang, mereka harus siap dengan segala konsekuensinya. Jadi mereka harus memenuhinya,” kata Tabroni.

Rahman membenarkan, jika belum ada venue yang tuntas direnovasi. “Di Notohadinegoro kurang lebih 35 persen, di GOR Argopuro 70 persen, GOR PKPSO di bagian dalam sekitar 35 persen, di lapangan tenis 17 persen,” katanya.

Tabroni menyebut lelang pengerjaan venue yang terlambat sebagai biang persoalan. “Pemenangnya kan barusan saja (diketahui). Tapi hari ini kewajiban itu ada pada rekanan, karena sudah sepakat apa yang dikerjakan mereka,” katanya.

Rencananya, Senin (23/5/2022), Komisi A akan mengundang semua rekanan perbaikan venue dalam rapat dengar pendapat. “Kami ingin tahu kesanggupan mereka menyelesaikan enam venue tersebut, karena ini penting sebagai wajah Jember sebagai tuan rumah porprov. Pembukaan dan sebagian besar pertandingan ada di Jember. Maka kita harus benar-benar menyelenggarakan semaksimal mungkin,” kata Tabroni.

Porprov akan digelar pada 25 Juni – 3 Juli 2022 dan Jember menjadi tuan rumah bersama Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang. Komisi A sudah meninjau enam lokasi venue yang diperbaiki, Selasa (17/5/2022) sore kemarin, antara lain GOR Argopuro, Stadion Notohadinegoro, kolam renang Kebonagung, GOTR PKPSO, lapangan tenis Kaliwates, dan Stadion Jember Sport Garden (JSG). “Belum ada yang (penyelesaiannya) mendekati seratus persen. Paling tinggi 75 persen,” kata Tabroni.

Dinas Cipta Karya akan menganalisis biaya sejumlah item perbaikan yang belum masuk ke anggaran. “Kalau memungkinkan lewat anggaran yang ada di perubahan anggaran, di adendum, kita akan kerjakan kalau memang harus dilakukan,” kata Rahman. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar