Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bagaimana Proses Transfer Pemain Antar Klub Sepakbola Bisa Terjadi? Ini Uraiannya

unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Bursa transfer musim panas Eropa 2020/21 resmi berakhir 31 Agustus kemarin, salah satu musim transfer yang paling mengejutkan sepanjang sejarah sepakbola. Sebelum seorang pemain pindah, pasti ada yang harus dilaluinya. Bagaimana proses transfer pemain sepak bola?

Proses dimulai suatu klub mengincar seorang pemain yang dibutuhkan untuk melengkapi sebuah formasi. Klub pasti punya daftar pemain di posisi yang sama untuk direkrut sebagai rencana utama atau cadangan. Ini dilakukan sebagai antisipasi jika pemain utama yang paling diincar tidak ingin berpindah klub atau sangat susah untuk direkrut. Proses ini terjadi pada jendela transfer musim dingin, sehingga ketika transfer musim panas dibuka, klub langsung membuat pergerakan.

Proses selanjutnya yaitu klub mencari informasi dari pemain yang jadi incaran. Seperti yang pernah dilakukan klub asal Liga Inggris, Tottenham Hotspurs yang rela habiskan semusim penuh menonton pertandingan setiap minggu sebelum mendekati Dimitar Berbatov.

Untuk sebagian kesebelasan besar, memantau kemajuan pemain adalah proses yang berkesinambungan dan mereka akan terus lakukan update database. Untuk melakukan tugas ini dengan baik, klub biasanya dibantu oleh scout atau pemandu bakat.

Ketika sudah lewat proses pengamatan, klub akan melakukan pendekatan kepada pemain. Biasanya klub akan menghubungi agen dari pemain yang diincar sebagai perantara klub dan pemain. Agen yang akan mengetahui apakah pemain mempertimbangkan untuk pindah dan jenis kesepakatan seperti apa yang diinginkan pemain berhubungan juga dengan durasi kontrak dan gaji.

Klub calon pembeli akan mendekati klub calon penjual guna memperoleh harga yang ditetapkan mereka kepada pemain yang diincar. Pendekatan ini dimaksudkan agar mengetahui harga yang diberikan kepada klub calon pembeli. Pada proses ini terjadilah negosiasi resmi yang mesti dijalankan.

Klub akan membicarakan sisa kontrak saat ini, jangka waktu kontrak yang akan diberikan, hingga besaran gaji yang diinginkan oleh pemain. Setelah hal tersebut rampung, proses negosiasi selanjutnya adalah besaran biaya agen dan harga yang harus dibayarkan untuk pemain tersebut.

Proses transfer biasanya akan berjalan mulus jika negosiasi berjalan secara baik. Namun, jika proses transfer tertahan, ini umumnya karena faktor uang. Entah agen atau pemainnya meminta uang lebih atau kesebelasan calon pembeli tiba-tiba menaikkan harga untuk transfer pemainnya. Jika proses negosiasi sudah disepakati dan pemain setuju untuk berpindah klub, maka proses selanjutnya adalah tes medis.

Tes medis ini sebagai bentuk kepastian seorang pemain tidak sedang alami masalah baik fisik maupun yang lain. Klub calon pembeli akan memanggil spesialis untuk mengetahui lebih lanjut. Karena ini adalah salah satu bagian dari tahap dimana mereka tidak memiliki kendali penuh. Maka dokter tim lah yang akan bertanggung jawab.

Setelah proses tes medis selesai dan klub tidak melihat masalah berarti pada kesehatan pemain, maka proses penandatanganan kontrak pun sudah bisa dilakukan pada pemain dan klub lama. Tanda tangan itu berkaitan dengan harga yang disepakati dan klausul yang ada dalam transfer tersebut. Jika pemain sudah resmi tanda tangan kontrak, maka pemain tersebut sudah resmi menjadi pemain yang klub yang membeli. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar