Iklan Banner Sukun
Olahraga

Bagaimana Aturan Own Goal dalam Sepakbola? Berikut Uraiannya

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai penggemar sepakbola mungkin tidak asing lagi dengan dengan istilah own goal atau dikenal juga sebagai gol bunuh diri. Saat seorang pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri, entah itu disengaja ataupun tidak. Hal ini dianggap sebagai gol bunuh diri. Dan sang pemain tercatat sebagai pencetak gol untuk musuh. Gol bunuh diri ini dianggap sebagai hal yang memalukan sehingga saat seorang pemain melakukannya akan sangat susah dilupakan.

Jika seorang pemain tidak menendang ke arah gawang (misalnya ingin mengoper bola), lalu bola mengenai lawannya dan berujung gol, maka itu dianggap gol bunuh diri, dan pemain yang mencetak gol ke gawangnya sendiri Itu akan tercatat sebagai pencetak gol untuk lawannya. Namun jika seorang pemain menendang bola kearah gawang lawannya, lalu bola tersebut mengenai lawannya dan berujung gol, maka itu dianggap gol bagi si penendang bukan gol bunuh diri atau own goal.

Mengenai gol bunuh diri sejarah telah mencatat beberapa kejadian yang paling memalukan dan sulit terlupakan. Salah satunya yang pernah dialami oleh Timnas Indonesia. Kejadian ini terjadi saat grup A Piala Tiger 1998 yang saat ini telah berganti nama sebagai Piala AFF). Saat itu Indonesia berjumpa Thailand. kedua tim itu berusaha menjadi runner up grup A pada penyisihan grup Piala Tiger 1998 untuk menghindari bertemu timnas Vietnam di semifinal Piala Tiger 1998.

Saat waktu itu skor masih seri 2-2. Pada menit ke 90 Mursyid Effendi secara tidak sengaja justru menjebloskan bola ke gawangnya sendiri yang membuat timnas Indonesia kalah dari Thailand 3-2. Hingga akhirnya Thailand menjadi juara grup A Piala Tiger 1998. Naasnya, rencana menghindari Vietnam di semifinal tetap tidak mampu membawa Indonesia ke final karena di semifinal, Yusuf Ekodono dan kawan kawan kala itu harus akui keunggulan Timnas Singapura 1-2 pada 3 September 1998. Sementara itu, Thailand juga menyerah dengan skor 0-3 dari Vietnam.

Selain kejadian yang pernah terjadi di tanah air. Sepakbola Eropa juga mencatat own goal sebagai sebuah kutukan pada klub Liverpool. Terakhir Liverpool alami kutukan saat Lord Karius lakukan blunder fatal ke gawangnya sendiri. Itulah seputar gol bunuh diri yang seringkali terjadi di lapangan hijau. [dan/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar