Iklan Banner Sukun
Olahraga

Axel Kei, Pemain 13 Tahun yang Debut Di Liga Profesional Amerika

(Foto: Twitter, @RSLAcademy)

Surabaya (beritajatim.com) – Axel Kei, merupakan pemain yang berposisi sebagai striker di klub Liga Amerika Serikat, Real Monarchs. Pemain ini mencatatkan debut yang menghebohkan dunia sepak bola. Pesepakbola kelahiran Pantai Gading ini telah mencatat penampilan perdana di ajang profesional saat usianya baru menginjak 13 tahun.

Sebelum direkrut ke tim utama, Axel Kei masih tercatat sebagai pemain binaan Akademi Real Salt Lake di tahun 2020. Saat itu, Axel Kei berhasil meraih gelar pencetak gol terbanyak pada ajang MLS Next Cup U-15 2020. MSL Next Cup merupakan sistem kompetisi sepak bola usia muda yang berlangsung di Amerika Serikat.

Kompetisi binaan Major League Soccer yang fokus pada pembinaan usia dini itu tercatat pertama kali digelar pada tahun 2020. Kompetisi ini merupakan awal mula dari ajang sebelumnya, yakni US Soccer Development Academy yang menggelar kompetisi untuk kelompok usia U-13 hingga U-19.

Pada 8 Oktober 2021 lalu, Axel Kei menjalani debut ketika Real Monarch menghadapi Colorado Springs Switchbacks pada ajang United Soccer League (liga divisi dua Liga Amerika Serikat). Pemain berusia 13 tahun itu bermain dari bangku cadangan.

Axel Kei baru diberikan kesempatan bermain saat laga memasuki menit ke-61. Ia masuk menggantikan penyerang timnas Amerika Serikat, Bobby Wood, yang ditarik keluar oleh tim pelatih.

Saat mencatatkan debut itu, Axel Kei masih berusia 13 tahun, 9 bulan, dan 9 hari. Dia pun dikukuhkan sebagai atlet profesional termuda yang tampil dalam sejarah olahraga Amerika. Meski pertandingan yang berlangsung di Zions Bank Stadium berakhir imbang tanpa gol. Namun, Axel Kei telah mencatatkan sejara lain dalam dunia sepakbola.

Sebelumnya, status sebagai pemain termuda yang mencatat debut di kompetisi sepak bola Amerika Serikat dipegang oleh mantan penyerang Benfica, Freddy Adu. Dia mencatatkan debut bersama DC United pada tahun 2004. Saat itu, Adu masih berusia 14 tahun.

Adapun debutan termuda di beberapa liga besar Eropa misalnya di Liga Inggris. Ada nama gelandang Liverpool Harvey Elliott tampil bagi Fulham saat melawan Wolves di usia yang baru menginjak 16 tahun 30 hari. Lalu di Serie Italia pemain muda Bologna, Wisdom Amey, membuat sejarah saat ia menjadi debutan termuda di liga Italia pada usia 15 tahun 274 hari. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar