Iklan Banner Sukun
Olahraga

Aturan Baru Penilaian Ballon d’Or 2022, Masihkan Ada Dominasi Messi dan Ronaldo?

Ilustrasi Ballon d'Or yang diberikan kepada pemain yang dianggap pantas. (Tangkapan Layar Instagram @francefootball)

Surabaya (beritajatim.com) – Berkat perubahan ini, pemenang Ballon d’Or tahun ini mungkin akan semakin sulit diprediksi. Format baru dan beberapa kriteria dari Ballon d’Or tentu akan sangat berpengaruh pada pemenangnya di tahun ini.

Penghargaan Ballon d’Or ini sendiri melakukan empat perubahan untuk kriteria pemenang. Pengumuman itu disampaikan pada Jumat (11/3). Dikutip dari ESPN, perubahan kriteria dilakukan usai adanya kemenangan kontroversial Lionel Messi di ajang Ballon d’Or 2021.

Pertama, penghargaan sekarang akan diberikan pada bulan Oktober. Penilaiannya sendiri hanya akan memperhitungkan performa pemain selama satu musim, bukan satu tahun kalender penuh. Hal ini berarti, penghargaan tahun ini tidak akan ditunda untuk memasukkan Piala Dunia sebagai salah satu instrumen penilaian.

Atau dengan kata lain performa pemain di turnamen Piala Dunia ini akan menjadi penilaian pemenang di penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2023 mendatang. Hal ini berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya dimana penampilan pemain terhitung dalam setahun penuh kalender sejak Januari sampai Desember.

Kedua, mantan pemain Chelsea yang juga brand ambassador Ballon d’Or, Didier Drogba, akan bergabung dalam tim pemungutan suara. Drogba bersama beberapa jurnalis pilihan akan menjadi penyusun daftar pemain yang pas untuk masuk nominasi.

Ketiga, para voter berasal dari 100 negara dengan peringkat FIFA tertinggi untuk kategori putra dan 50 besar dunia untuk kategori putri. Keempat, ada penyesuaian dalam penentuan pemenang. Sebab Ballon d’Or merupakan penghargaan perorangan, kriteria pertama adalah penilaian akan terfokus pada performa individu bukan tim.

Di samping itu itu, kriteria kedua terkait dengan permainan kolektif atau tim sepanjang musim dan kriteria terakhir menyangkut catatan fair play pemain. Berdasarkan perubahan-perubahan ini, Messi dinilai akan sangat sulit untuk menang Ballon d’Or 2022.

Sebab, mega bintang dari Argentina itu tak begitu menonjol usai pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Terbaru, Messi juga gagal mengantarkan PSG ke perempat final Liga Champions.

Di samping itu, Ronaldo juga cukup sulit meraih gelar ini. Meski baru mendapat hattrick, namun performa CR7 belum konsisten seperti dulu lagi. Mungkin Ballon d’Or akan sulit bagi kedua pemain itu di musim ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar