Iklan Banner Sukun
Olahraga

Atlet Senam Asal Gresik Optimistis Lampaui Target di Sea Games Vietnam

Gresik (beritajatim.com) – Empat atlet senam artistik dan dua pelatih yang berlaga di Sea Games Vietnam 2022, dilepas oleh Dirut Petrokimia Gresik, Dwi Satryo Annurogo, Rabu (27/04/2022), sebagai bapak asuh Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Jawa Timur (Jatim). Mereka optimistis bisa melampaui target yang dibebankan oleh Komite Olahraga Indonesia (KONI).

Adapun komposisi tim yang akan memperkuat kontingen Indonesia untuk cabang olahraga (cabor) senam terdiri dari empat atlet senam artistik dan dua pelatih. Salah satu atlet dan pelatih berasal dari Jawa Timur, yakni Dwi Samsul Arifin (atlet putra) dan Indra Sibarani (pelatih).

Dihadapan atlet yang berlaga, Dwi Satryo meminta atlet senam asal Jawa Timur harus bangga menjadi bagian dari tim Indonesia. Untuk itu, wajib mengedepankan sportivitas dalam pertandingan. Menurutnya, perjuangan untuk meraih kemenangan sangat bermakna. Namun yang tidak kalah penting adalah menjunjung tinggi sportivitas.

“Saya meyakini sportmanshipness mampu menjadi pembentuk atlet dengan kualitas kepribadian yang sehat, tangguh dan moral yang luhur,” ujarnya.

Selama ini Petrokimia Gresik menjadi bapak asuh Persani di Jawa Timur. Cabang olahraga (Cabor) tersebut selalu mendulang perolehan medali baik itu emas, perak maupun perunggu. Tidak salah jika di ajang bergensi pesta olahraga kawasan negara Asean, cabor itu diandalkan untuk mendulang medali.

Sementara itu, Ketua Harian Persani Jawa Timur, Tri Widodo menuturkan, Kementerian Olahraga (Kemenpora) RI mengirimkan atlet dengan jumlah terbatas, yang dipilih berdasarkan raihan prestasi SEA Games di Filipina tahun 2019 lalu dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun 2020.

“Terkait target, kami berharap Dwi Samsul Arifin yang merupakan Wakil Jawa Timur mampu meraih satu emas di alat ring dan satu perak di alat meja lompat,” katanya.

Hal itu berkaca pada prestasi cabor senam Indonesia pada Sea Games Filipina lalu. Dimana, dia mampu meraih 3 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Atlet senam binaan Petrokimia Gresik atas nama Agus Adi Prayoko (alat meja lompat atas) meraih satu emas pada laga tahun 2019. Kemudian satu perak (ring atas) yang diraih oleh Dwi Samsul Arifin.

Mengenai peluang cabor senam, Tri Widodo menyatakan, di Sea Games Vietnam ini cukup berat karena kondisi di tengah pandemi Covid-19, sehingga tanpa try out dan uji coba. Kendati demikian, dirinya memastikan atlet senam wakil Indonesia akan memberikan performa terbaiknya.

“Pelatihan jangka panjang Petrokimia Gresik sebagai bapak asuh sejak tahun 1986 telah membuktikan bahwa senam Jawa Timur secara terus menerus menjadi lumbung atlet, berkontribusi baik dan berprestasi mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional dan pada kesempatan ini,” tandas Tri Widodo. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar