Olahraga

Askab PSSI Jember Tertibkan Kompetisi Internal

Jember (beritajatim.com) – Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Jember, Jawa Timur, menertibkan kompetisi internal, terutama dari klub-klub yang dibentuk tanpa keinginan memajukan sepak bola daerah.

Penertiban ini dimulai dari verifikasi terhadap klub-klub peserta kompetisi. Ada belasan klub yang tidak bisa berkompetisi di semua level liga. “Yang dulu-dulu banyak klub bodong, membentuk klub tidak tahu tujuannya apa. Akhirnya tidak punya pemain, dan sekarang baru ketemu. Kompetisi kami tertibkan, banyak klub yang tidak punya pemain dan home base,” kata Ketua Askab PSSI Jember Sutikno.

Askab PSSI Jember melakukan sejumlah langkah penertiban. “Kami berusaha menertibkan semua sektor, baik kompetisi, verifikasi pemain dan klub, pembenahan di sektor wasit, dan pelatih kami benahi,” kata Sutikno.

Wasit dan pelatih diikutkan kursus. “Kami baru saja mengadakan pelatihan satu tahap untuk Lisensi D. Ke depan kami akan wajibkan seluruh klub memiliki pelatih dengan lisensi minimal Lisensi D Nasional, supaya dasar-dasar sepak bola modern seragam semua. Cara membawa tim yang benar diterapkam” kata Sutikno.

Tahap pertama, ada 30 pelatih yang ikut kursus beberapa waktu lalu. “Kebetulan kami dapat bantuan dari Jerman. Jadi biayanya tidak seperti biasanya. Kalau biasanya Rp 4 juta per orang, kemarin Rp 750 ribu per orang,” kata Sutikno. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar