Olahraga

Arema FC vs Persebaya, Khofifah Imbau Bonek Nonton di Rumah

Malang (beritajatim.com) – Duel bergengsi bertajuk Derby Jawa Timur antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, bakal tersaji di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis, (15/8/2019). Ini adalah laga putaran pertama Liga 1 2019 antara kedua tim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, demi keselamatan dan keamanan masing-masing suporter kedua tim tetap sesuai kesepakatan dilarang datang saat laga tandang. Teruntuk laga di Malang, Bonekmania diimbau tak nekat datang sebaiknya nonton perjuangan Osvaldo Haay Cs di rumah saja melalui siaran televisi.

“Saat main di Surabaya sudah cukuplah Bonek yang nonton. Kalau main di Malang cukup Arema yang nonton, Bonek nonton di rumah saja,” kata Khofifah saat di Kota Batu, Selasa, (13/8/2019).

Khofifah mengatakan cara-cara seperti ini harus masif diinformasikan oleh dedengkot-dedengkot suporter baik Aremania maupun Bonekmania. Sebab, seperti diketahui pertemuan kedua tim ini syarat dengan aroma rivalitas.

“Cara-cara seperti ini harus terkomunikasikan dengan komandan-komandan kedua suporter. Biasanya mereka bisa berseiring karena semua demi kejayaan kesebelasan masing-masing,” ujar Khofifah.

Khofifah mencontohkan, kedua elemen suporter bisa menahan diri sesuai perjanjian yang dimediasi oleh Polda Jatim beberapa waktu lalu. Kedua tim pernah bertemu di final Piala Presiden 2019 yang digelar dengan sistem tandang dan kandang.

Nyatanya, dalam pertandingan itu semuanya berjalan lancar. Sebab, suporter kedua tim telah sepakat untuk tidak hadir mengawal tim kebanggaan saat bermain di kandang lawan. Hal itulah yang diharapkan Khofifah dapat dipertahankan dalam pertandingan yang akan datang.

“Aremania dan Bonek menurut saya sama-sama ingin kesebelasannya menjadi unggul dan bermartabat. Dengan mekanisme kandang dan tandang kemarin (Piala Presiden) kan sudah bagus,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar