Olahraga

AQ Angkat Suara Soal Kompetisi Liga 1 2021

Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi (kanan) saat memantau proses latihan Laskar Sape Kerrab di Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan Pamekasan, beberapa waktu lalu.

Pamekasan (beritajatim.com) – Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi angkat suara saol kompetisi Liga 1 musim 2021 yang hingga saat ini belum tampak ada titik terang pasca adanya kebijakan penundaan kompetisi akibat meningkatnya angka kasus Coronavirus Disiase 2019.

“Persaingan kita di Asia Tenggara, tetap bermain sepakbola (olahraga cabang sepakbola). Jika kita berhenti (menggelar kompetisi), maka kita akan semakin tertinggal oleh mereka,” kata Achsanul Qosasi, dikutip dari salah satu jejaring media sosial (medsos) pribadinya, Minggu (1/8/2021).

Terlebih saat ini, induk tertinggi sepakbola tanah air bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah meloby pemerintah untuk membahas kelanjutan kompetisi. Apalagi izin keamanan dari kepolisian juga sudah di tangan dan tinggal menunggu rekomendasi dari Gugus Tugas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Mari dukung PSSI dan PT Liga yang katanya akan hadir menjelaskan kepada Gugus Tugas dan BNPB, sehingga akhir Agustus kita sudah bisa latihan untuk konsentrasi September (2021) mendatang,” sambung pria yang akrab disapa AQ.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap PSSI maupun PT LIB agar segera mempresentasikan hasil pertandingan dalam turnamen pra musim bertajuk Piala Menpora RI 2021 yang digelar sukses di tengah pandemi Covid-19, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Kita harapkan Ketua Umum (PSSI) dapat segera melakukan loby ke BNPB dengan hadir langsung dan mempresentasikan tentang data empiris atau hasil sukses Piala Menpora (digelar sukses di tengah pandemi Covid-19),” harapnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab sekalipun Piala Menpora RI 2021 digelar di tengah pandemi, akhirnya berjalan lancar dan sukses. “Saat Piala Menpora tidak ada klaster sepakbola, Piala Menpora menerapkan prokes ketat dan sukses,” jelasnya.

“Tidak kalah penting tampilkan juga berbagai video (penerapan) prokes saat Piala Menpora berlangsung, apalagi PSSI (Liga) sudah memiliki regulasi atas kompetisi di tengah pandemi, termasuk tentang langkah dan atisipasi keamanan dan pencegahan atau mitigasi resiko terdampak,” tegasnya.

Hanya saja jika Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang atau tidak ada izin dari pemerintah, pihaknya sepakat agar kompetisi musim ini ditiadakan. “Namun jika PPKM diperpanjang dan/atau pemerintah tidak mengizinkan, sebaiknya kompetisi musim 2021 ditiadakan saja,” pungkasnya.

Sebelumnya Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ul Haq Abdurrahim juga meminta kejelasan seputar kompetisi Liga 1 musim ini, termasuk manajer Madura United FC, Rahmad Darmawan yang juga berharap adanya kepastian seputar kompetisi dari PSSI maupun PT LIB sebagai regulator kompetisi. [pin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar