Iklan Banner Sukun
Olahraga

Apakah Timnas Indonesia Membutuhkan Peran Mark Klok?

(Foto: Instagram @MarcKlok)

Surabaya (beritajatim.com) – Marc Klok telah resmi dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Namun karena dirinya belum bisa membuktikan bahwa ia punya keturunan Indonesia, jadi Marc Klok saat ini belum bisa membela Timnas Indonesia dan baru akan bisa membela Timnas pada Februari 2022.

Hal itu karena sudah 5 tahun menetap di Indonesia. Selain itu, publik Indonesia juga sudah tidak asing dengan pemain yang saat ini membela Persib Bandung itu. Ia juga pernah tampil sangat menjanjikan ketika masih berseragam Persija Jakarta.

Lalu, apakah sebenarnya Timnas Indonesia benar-benar butuh peran sang pemain gelandang dengan tendangan khas ini? Berikut penjelasannya.

Punya visi bermain bagus

Bukan hanya koordinir bola dari lapangan tengah, namun Klok juga cekatan dalam bertugas dengan baik. Ia pandai mengatur arah permainan tim karena visi bermain apik yang dimilikinya.

Visi bermain yang dimilikinya itu juga pernah disandingkan dengan Rohit Chand, yang pernah menyandang predikat sebagai pemain terbaik Liga 1 pada musim 2018 lalu. Dengan kehadiran Marc Klok, seharusnya mampu berperan vital bagi permainan Timnas Indonesia.

Mampu produktif

Bukan hanya mampu berperan sebagai pengatur aliran bola saja, namun Klok juga produktif dalam mencetak gol meski berperan sebagai gelandang. Contoh saja dalam 8 penampilannya bersama PSM Makassar di Piala AFC 2019, yang Klok mampu mengoleksi hingga 3 gol.

Banyak pengalaman

Satu hal yang tak boleh diabaikan bahwa rekam jejak karir dari Marc Klok yang punya pengalaman bermain di kancah sepak bola Eropa. Ada sejumlah tim yang pernah diperkuat mulai dari FC Utrecht, Ross County, Oldham Athletic, dan Dundee FC.

Timnas tak bisa bergantung pada Evan Dimas

Jika dilihat Timnas Indonesia saat ini, pemain tengah paling senior jelas, Evan Dimas. Evan Dimas menjadi pemain yang cukup berkualitas tetapi di lain sisi sepertinya Indonesia masih perlu satu pemain yang punya kualitas dan pengalamannya lebih dari Evan.

Mengingat juga kini Evan Dimas lebih dipercaya main sebagai gelandang serang. Dan pada lini tengah di timnas lebih bertumpu pada Irianto dan Ricky Kambuaya yang pengalaman bermainnya masih kurang.

Dengan adanya pemain berpengalaman seperti Marc Klok, lini tengah Indonesia akan jadi lebih aman dan solid.

Sejumlah alasan itulah yang mendasari bahwa Marc Klok memang penting untuk menjadi punggawa Timnas Indonesia. Hal ini tentu demi memperkuat Indonesia, juga bisa memperbaiki visi permainan tim. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati