Iklan Banner Sukun
Olahraga

Apa Itu Taktik Parkir Bus Dalam Istilah Sepakbola? Ternyata Orang Ini yang Populerkan

Jose Mourinho, pelatih yang pertama kali populerkan taktik parkir bus. (Tangkapan Layar Instagram @josemourinho)

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu pelatih yang dikenal dengan Taktik ini adalah Jose Mourinho. Mou saat melatih sebuah tim akan menampilkan banyak pemain belakang untuk menahan dan menguasai bola. Taktik ini cenderung mengurangi risiko dalam serangan.

Ditambah lagi pemain yang berfokus untuk menyerang sangat sedikit. Sehingga tim lawan akan terkunci untuk bisa membangun serangan dengan cepat saat kembali merebut bola kembali.Taktik ini biasanya menimbulkan rasa frustasi sebab lawan hanya memiliki sedikit ruang untuk menciptakan peluang.

Namun di sisi lain taktik parkir bus menjadi persoalan ketika tidak membuahkan hasil. Tepatnya, saat sebuah laga tak dapat dinikmati karena tak ada keindahan maupun kemenangan. Taktik parkir bus sebenarnya juga diperlukan untuk mempertahankan skor saat tim merasa unggul atau sekadar butuh hasil imbang.

Mempertahankan skor itu dapat dilakukan karena lawan hanya dapat melakukan tembakan dari jarak jauh. Sehingga lawan akan kelelahan akibat harus terus memutar otak untuk mencari celah.

Istilah ‘parkir bus’ ini memang pertama kali dipopulerkan Mourinho saat dirinya menjadi pelatih Chelsea di periode pertamanya antara 2004 hingga 2007.

Menariknya, Mourinho justru pertama kali menjadi korban taktik itu saat Chelsea melawan Tottenham Hotspur dengan hasil skor 0-0 di tahun 2004.

Taktik ini terbukti sangat sukses saat musim 2004/2005. Kala itu, Chelsea memecahkan rekor clean sheet terbanyak dalam satu musim Premier League dengan jumlah 15.

Berkat racikan taktik tersebut, Mourinho berhasil membawa The Blues mendapat raihan dua gelar Premier League dan dua Piala Liga berturut-turut, satu Piala FA. Saat ini, masih ada beberapa pelatih yang memakai taktik metode dari Mourinho.

Salah satu yang juga cukup familiar adalah Diego Simeone. Simeone sering melakukan taktik pertahanan total dan melakukan serangan balik di Atletico Madrid.

Terbukti Atletico Madrid cukup berbicara banyak pada tahun 2018 dan 2019. Selain itu ada Sean Dyche, eks pelatih Burnley itu juga dikenal dengan gaya bertahan tim yang disiplin dan lugas. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar