Olahraga

Ambisi dan Mimpi AQ Orbitkan Pemain Asli Madura

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

Pamekasan (beritajatim.com) – Fokus Manajemen Madura United FC melakukan renovasi alias upgrading Stadion R Soenarto, Jl Stadion, memicu ambisi Presiden klub Achsanul Qosasi untuk mengorbitkan pemain muda berkualitas binaan Madura United Football Academy (MUFA).

Terlebih keberadaan pemain binaan yang tergabung dalam MUFA, sebagian besar merupakan pemain muda asli Madura. Baik yang berasal dari Bangkalan, Pamekasan, Sampang maupun Sumenep. Mereka meniti karir sebagai pesepakbola melalui pembinaan pemain usia muda yang sudah digarap sejak 2016 silam.

Bahkan sebagian di antara mereka, juga ada yang sempat mencicipi latihan bersama pemain senior Laskar Sape Kerrab, khususnya dalam beberapa musim terakhir. Terlebih durasi waktu sekitar 4 (tahun) dinilai sebagai waktu yang relatif tepat untuk mengorbitkan pemain muda asli Madura.

“Sudah saatnya manajer coach tim senior memiliki prioritas terhadap pemain binaan dari MUFA, tentunya dengan memaksimalkan kemampuan pemain hasil binaan MUFA,” kata Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi berdasar rilis yang diterima beritajatim.com, Selasa (16/2/2021).

Sosok yang akrab disapa AQ juga berharap pelatih tim senior mulai percaya diri sekaligus memberikan kepercayaan kepada para pemain muda, khususnya pemain hasil binaan MUFA. “Minimal 5 (lima) pemain setiap tahun yang harus dipromosikan dari MUFA,” harapnya.

“Setidaknya mulai musim (2021) ini ada pemain binaan MUFA yang bisa mendapatkan kesempatan bermain secara reguler di pertandingan resmi (Liga 1). Sebab sejak awal didirikan, regulasi internal Madura adalah menggunakan pemain binaan minimal 5 pemain setiap musim yang diorbitkan bersama pemain senior,” jelas AQ.

Tidak hanya itu, pihaknya juga ‘menantang’ pelatih tim senior agar segera memutar otak menentukan komposisi ideal Madura United. “Pelatih harus berani mencoba mereka dalam pertandingan resmi, karena MUFA sudah berjalan dan saat ini lapangan latihan untuk akademi juga akan rampung pada tiga bulan kedepan,” tegasnya.

Untuk diketahui, saat ini sedikitnya terdapat 28 pemain Madura United menyatakan komitmennya untuk terus menjalin kerjasama sekaligus menjadi bagian dari tim kebanggaan suporter Madura Bersatu, guna mengarungi kompetisi Liga 1 musim mendatang.

Namun sebagian besar di antara mereka masih menyatakan kesiapan, sekaligus komitmen secara lisan dan belum dipatenkan dalam sebuah kontrak. Sekalipun sudah terdapat satu pemain gaek yang sudah memastikan diri sebagai bagian dari keluarga besar Madura United, yakni Alberto Goncalves. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar