Iklan Banner Sukun
Olahraga

Alan Shearer, Legenda yang Tolak Manchester United Demi Bela Newcastle United

(Foto: Twitter, @alanshearer)

Surabaya (beritajatim.com) – Memang tidak banyak pemain yang bisa menolak tawaran klub sekelas Manchester United. Apalagi ketika itu Manchester United masih berada di masa emas dan masih ditlatih oleh Sir Alex Ferguson.

Namun, hal itu nampaknya tidak berlaku bagi Alan Shearer, salah satu legenda hidup Timnas Inggris. Bahkan Alan Shearer menolak tawaran MU sebanyak dua kali.

Pertama, Shearer lebih memilih bergabung dengan Blackburn daripada MU pada tahun 1992. Di Blackburn, dirinya sukses meraih gelar EPL musim 1995 dengan catatan 112 gol dalam 138 pertandingan. Penolakan kedua terjadi di bursa transfer musim 1996.

Waktu itu, Shearer malah lebih memilih bergabung ke Newcastle United yang diasuh oleh Kevin Keegan dengan biaya transfer sebesar 15 miliar poundsterling. Sebuah rekor transfer tertinggi di dunia kala itu.

Awalnya, Setan Merah cukup percaya diri akan mendapatkan jasa Shearer. Mantan Presiden Man United yaitu Martin Edwards, sempat menceritakan jika Shearer sudah bertemu dengan Sir Alex lalu menyatakan niatnya untuk bergabung.

Namun sayang, ada satu pihak yang menghalangi transfer ini terjadi yaitu Jack Walker. Jack Walker yang pada masa itu jadi pemilik Blackburn menganggap jika Man United adalah rival Blackburn karena sesama klub Lancashire.

Walker tidak berkenan jika Shearer sampai jadi bagian dari skuad Man United tapi dirinya menyatakan terbuka untuk tawaran dari klub lain. Alhasil, Walker pun mematok biaya transfer £15 juta untuk Newcastle dan £20 juta untuk United dan klub lain.

Shearer sendiri sangat berhutang budi pada Walker, Shearer tentu tidak ingin mengecewakan sang pemilik klub Blackburn dengan bergabung dengan Man. United. Selain itu, ada pula faktor lain di balik transfer Shearer yaitu kecintaan terhadap klub.

Shearer merupakan penggemar Newcastle sejak kecil dan sering menonton mereka bermain. Shearer pun mengaku kembali untuk bermain di klub kampung halamannya adalah keputusan terbaik.

Terkait keputusan itu, Alan Shearer pun tidak menyesal dan akan melakukan hal serupa jika waktu diputar balik. Bersama Newcastle, Shearer menghabiskan 10 tahun dan mencetak 206 gol. Namanya Shearer puna abadi sebagai legenda dan ikon klub Newcastle United. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar