Olahraga

Aksi Bonek Dapat Apresiasi Internasional

Surabaya (beritajatim.com) – Aksi melempar boneka ke stadion yang dilakukan para fans Persebaya membuat kagum United Nations Children’s Fund (UNICEF).

Kepedulian pada para penderita kanker anak yang ditunjukan suporter yang kerap disebut Bonek itu cerminan pentingnya sikap peduli anak.

Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa Arie Rukmantara menuturkan, pihaknya salut dan memberikan apresiasi tinggi atas gestur cinta dan sayang anak yang ditunjukan ribuan Bonek di sela-sela laga antara Persebaya Surabaya melawan PS Tira-Persikabo.

โ€œGerakan hujan Boneka di GBT menjadi bukti nyata bahwa anak-anaklah yang mampu merevolusi Aksi Bonek yang puluhan tahun lalu ditakuti kini menjadi disegani dan diteladani,โ€ ujar Arie.

Ia melanjutkan, pada prinsipnya anak Indonesia adalah anak kita semua. Tekad peduli kepada semua anak Indonesia tersebut ditunjukkan lewat aksi yang kemarin dilakukan para Bonek, Bonita dan Bocil.

Mereka menginisiasi tindakan paling memukau sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia.

โ€œBonek Lempar Boneka itu historis sekali. Selain itu juga simbolis. Mereka memberikan semangat besar kepada anak-anak penderita kanker melalui pesan positif ‘I’m with you’ yang diberikan lewat pentas pertandingan olah raga,โ€ ungkapnya.

Arie menekankan bahwa penyembuhan kanker tak hanya dilakukan secara medis. Namun, dukungan penuh dari keluarga, kawan, tetangga, dan komunitas bisa memberikan mereka banyak harapan.

Termasuk dukungan Bonek yang bisa menjadi supporting system tanbahan bagi anak-anak penderita, pelengkap pelayanan palliative care, dan menjadi stakeholder kampanye peduli kanker di Indonesia.

โ€œKami bangga dengan apa yang sudah dilakukan para Bonekmania. Mereka adalah pendekar anak, sekarang dan di masa depan,โ€ ucapnya.

Di sisi lain, Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman merasa bahagia dengan aksi yang dilakukan para Bonek. Kepedulian yang tinggi serta solidaritas yang terbangun diantara mereka terhadap sesama menjadi sikap yang terpuji.

โ€Bonek memang luar biasa. Mereka selalu mendukung kami tanpa lelah. Ide hujan boneka ini apalagi. Saya rasa aksi sosial seperti ini layak dilakukan suporter di Indonesia,โ€ kata Djanur, panggilan akrabnya.

Ketua Panpel Persebaya Whisnu Sakti Buana menambahkan, pihaknya terharu dengan aksi yang dilakukan para Bonek dengan melempar boneka ke lapangan sebagai bentuk dukungan pada anak-anak yang menderita kanker.

โ€œIde ini super kreatif. Sekaligus menunjukkan ke semua publik sepak bola tanah air, kalau Bonek sekarang sudah berubah,โ€ kata Whisnu.

Aksi bertajuk โ€Hujan Boneka di GBTโ€ berjalan begitu haru ketika 50 ribu Bonek serentak melempar boneka dari tribun ke sentelban. Aksi ini dilakukan bersamaan dengan jeda babak pertandingan.(ifw/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar