Olahraga

Aji Tegaskan Kekalahan Persebaya Bukan Karena Lemahnya Pertahanan

Surabaya (beritajatim.com) – Aji Santoso enggan dikatakan kekalahan Persebaya atas Persipura karena lemahnya pertahanan para pemainnya. Persebaya gagal meraih kemenangan di pertandingan kedua kandang di Liga 1 2020. Tim berjuluk Bajul Ijo ini harus kalah lawan Persipura dengan skor 3-4, di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3/2020).

Menurut pelatih asal Malang ini, koordinasi pemain belakangnya sudah bagus. Hanya saja intruksinya untuk tidak melakukan pelanggaran di sepertiga lapangan tak dijalankan oleh Hansamu Yama dkk.

“Pertama memang gol terjadi akibat transisi terlambat, terus couter, saya sudah sampaikan agar tak lakukan foul di sepertiga pertahanan. Tapi pemain melakukan itu, dan hasilnya gol pertama Persipura tercipta lewat tendangan bebas,” kata Aji usai pertandingan.

Selain itu, Aji melihat pemain belakangnya juga cukup kuwalahan mengejar bola-bola jauh yang dimainkan para pemain Persipura. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu punya pemain yang memiliki kecepatan di atas rata-rata. “Sejauh ini pertahanan cukup solid, mungkin pemain cukup kuwalahan mengejar bola-bola lambung,” imbuh eks pelatih Persela ini.

Bukan hanya itu, Aji juga membantah bahwa kiper Rivky Mukodompit lengah dalam mengantisipasi tendangan spekulasi jarak jauh pemain Persipura. Sebab penampilan eks kiper PSM Makassar itu cukup bagus selama 90 menit.

“Saya tidak menyalahkan pemain, tapi ini tidak boleh terulang. Pertandingan masih panjang dan ada waktu untuk membenahi kekurangan,” ujar Aji.

Aji berjanji di pertandingan selanjutnya akan memperbaiki kesalahan tersebut. Terutama dari dua pertandingan Liga 1 musim ini, Persebaya sudah kehilangan 5 poin.

“Kita tahu, Persebaya kehilangan 5 poin di dua pertandingan dan itu sangat banyak. Maka dari itu, saya tekankan pada pemain untuk segera bangkit,” ucap Aji. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar