Olahraga

AHY Minta Usut Tuntas Peristiwa Tragedi Kanjuruhan

Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Tragedi Kanjuruhan membuat 135 orang meninggal dunia dan 600 lebih suporter terluka. Tragedi yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) menjadi catatan paling buruk dunia sepak bola tanah air.

“Demokrat terus menuntut agar peristiwa tersebut terus diinvestigasi secara tuntas. Karena kita ingin, yang bertanggungjawab benar-benar bisa mempertanggungjawabkan,” kata Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kota Batu, pada Minggu (13/10/2022).

AHY mendapat laporan dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan istrinya Arumi Bachsin termasuk Wali Kota Malang, Sutiaji. Bahwa sampai saat ini banyak korban maupun keluarga korban yang masih mengalami trauma akibat peristiwa itu.

“Mereka menyampaikan harus dilakukan trauma healing. Karena tiba-tiba kehilangan orang yang dicintainya, tidak tanggung-tanggung seorang anak kehilangan orangtuanya seorang istri kehilangan suaminya sebetulnya sangat memilukan dan juga memalukan,” ujar AHY.

AHY tidak ingin kejadian ini kembali terulang dikemudian hari. Tragedi ini harus menjadi pelajaran bagi semua stakeholder sepak bola nasional. Sebab, tujuan utama sepak bola adalah untuk mempersatukan bukan untuk timbulnya korban jiwa.

“Kami tidak ingin tragedi seperti itu terjadi kembali. Ini pelajaran yang mahal dan sangat berharga. Jangankan 135 orang satu nyawapun terlalu mahal terlalu besar untuk sebuah ajang sepak bola. Yang harusnya membawa semangat kegembiraan bahkan mempersatukan kita semuanya,” papar AHY.

Bahkan AHY juga meminta PSSI melakukan reformasi tata kelola sepak bola agar lebih baik. Dia juga meminta polisi untuk tidak represif terhadap masyarakat. Sebab, tindakan represif akhirnya membuat korban jiwa berjatuhan dan kesedihan mendalam bagi para korban dan keluarga.

“Kita ingin segera dilakukan reformasi tuntas untuk dunia olahraga dan pesepakbolaan kita di masa mendatang. Karena kita adalah negara yang cinta damai, kalau ada masalah jangan sedikit-sedikit gunakan kekerasan yang akhirnya menimbulkan korban jiwa berjatuhan,” kata AHY.

“Oleh karena itu duka cita sedalamnya untuk korban semoga husnul hotimah. Diterima disisi terbaik Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan dan kelapangan jiwa,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar