Iklan Banner Sukun
Olahraga

Agar Klub Lebih Teratur, FIFA Terbitkan Aturan Baru Tentang Kuota Pemain Pinjaman

Atalanta menjadi salah satu klub yang paling banyak meminjamkan pemain (Tangkapan Layar Instagram @atalantabc)

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) mengadopsi aturan baru terkait pembatasan jumlah pemain yang bisa dipinjamkan klub. Hal ini bertujuan demi mencegah penumpukan pemain sekaligus mendorong perkembangan karir pemain. Klub dibatasi hanya boleh mendatangkan delapan pemain pinjaman internasional dan meminjamkan delapan pemain ke klub lain di musim yang akan datang.

Ada fakta yang tidak disangka-sangka bahwa ternyata Atalanta atau yang dijuluki sebagai mercusuar sepakbola Eropa cukup banyak juga pemain pinjaman. Tepatnya pada bulan Januari 2022, Atalanta ternyata memiliki 64 pemain yang lagi dipinjamkan ke klub lain. 25 berstatus anggota tim senior maupun U-21, sementara 39 lain masih berusia 21 tahun ke bawah.

Jumlah pemain yang dipinjamkan itu bahkan tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah pemain di skuad asli Atalanta musim 2021/22. Situasi tidak normal ini tentu punya latar belakangnya sendiri. Karena Akademi Atalanta dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Italia, terutama sejak tim U-19 dari Atalanta jadi juara Serie A secara berturut-turut, 2 tahun lalu.

Menumpuk pemain akademi bagus sejatinya tidak terlalu dibutuhkan tim inti. Apalagi bagi klub yang sudah memiliki banyak pemain jempolan. Akhirnya, para pemain muda suatu klub itu dipinjamkan ke tim kecil. Kira-kira begitu yang terjadi pada Atalanta.

Jadilah lingkaran pemain pinjaman pinjaman. Sebetulnya tidak mengherankan kalau Atalanta berlaku meminjamkan banyak pemain), karena tim Italia memang dikenal hobi outsourcing pemain. Hanya saja, jumlah pemain yang dipinjamkan Atalanta 64 sudah diluar batas.

Hal ini yang kemudian menjadi poin fokus utama FIFA, yang akan mengubah aturan berkaitan dengan pemain pinjaman saat musim 2022/23 mendatang, menghindari kasus peminjaman yang diluar batas. Musim 2022/23, FIFA bakal memberlakukan batas maksimal loan in dan loan out pada suatu klub, yaitu 8 pemain.

Artinya, satu klub hanya bisa meminjam maksimal 8 pemain klub lain, serta meminjamkan 8 pemainnya ke klub lain. Lalu untuk musim 2023/24, angka limitnya berkurang jadi 7, dan musim 2024/25 limitnya berkurang lagi jadi 6 pemain saja. Pembatasan ini berlaku ke pemain internasional, alias yang bukan hasil binaan klub itu sendiri.

Pemain yang berusia di bawah 21 tahun serta sudah terdaftar di klub itu selama (minimal) 36 bulan dari rentang usia 15-21 tahun bisa di-loan di luar limit angka tersebut. Dengan hal ini, klub mesti menjual para pemain pinjaman yang ada di skuad, dibanding dipinjamkan terus namun tidak pernah mendapat kesempatan bermain di klub utama. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar