Iklan Banner Sukun
Olahraga

Ada Chris John Hingga Tibo Monabesa, Daftar Petinju Indonesia yang Pernah Juara Dunia

Ilustrasi Chris John petinju hebat Indonesia (Tangkapan Layar Instagram @chrisjohnindonesia)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia seolah tak pernah kehabisan atlet berprestasi, termasuk dari segi cabang olahraga Tinju. Petinju Indonesia sudah dikenal mendunia sejak beberapa dekade lalu. Berikut ini daftar petinju hebat Indonesia yang sudah pernah menyabet gelar Juara Dunia.

Ellyas Pical

Salah satu petinju Indonesia yang perdana kali mampu meraih gelar dunia. Pical sudah bertarung selama 26 pertandingan. Ia juga berhasil menang sebanyak 20 kali. Ellyas juga merebut gelar juara dunia di Super IBF usai menang melawan TKO saat berhadapan dengan Ju Do Chun di tahun 1985.

Nico Thomas

Petinju ini lahir di Ambon Maluku. Dia memulai karir dari tinju amatiran. Meski begitu, Nico Thomas mampu mendapat prestasi meraih medali perak SEA Games tahun 1985 dan medali emas Piala Presiden tahun 1986. Thomas juga merebut sabuk juara dunia bertahan Samuth Sithnaruepol

Muhamad Rachman

Dia merupakan salah satu petinju yang berasal dari Merauke, Papua. Rachman mengawali karir sebagai petinju dari tahun 1993 hingga tahun 2016. Dia dijuluki Predator sebab pernah meraih gelar juara dunia tahun 2004. Dirinya juga menjadi juara bertahan selama 3 tahun berturut-turut sebagai gelar juara dunia.

Chris John

Chris John adalah petinju yang sangat familiar di Indonesia. Chris John sejak tahun 1998 sampai tahun 2013. Petinju ini dijuluki The Dragon, dia menjadi salah satu petarung terbaik Indonesia di jamannya. Chris John menyabet gelar juara dunia dari tahun 2004 dan bertahan sampai 2013.

Daud Yordan

Daud Yordan dikenal sebagai petinju berjuluk Cino. Dia menjadi petinju yang memulai debut profesional di tahun 2005. Daud Yordan memperoleh prestasi gelar juara dunia di tiga kelas yang berbeda. Selama rekor 40 pertandingan ia telah mengemas menang dan pernah 4 kali kalah.

Tibo Monabesa

Tibo Monabesa dulunya berprofesi sebagai mantan sopir angkot juga kuli bangunan, dia berhasil mengharumkan nama Indonesia, usai jadi juara dunia di tahun 2019. Monabesa berhasil kalahkan Omari Kimweri petinju asal Australia. Rekor bertanding ia 20 kali menang, 2 kali seri dan hanya sekali saja kalah.

Ongen Saknosiwi

Salah satu petinju baru dari daerah Waenibe ini telah berhasil mendapatkan gelar juara dunia. Ongen baru saja melakoni 8 pertandingan profesional, namun sudah menjadi juara yang merebut sabuk lowong kelas bulu IBA. Di berhasil mengalahkan Marco Demecillo, petinju berkebangsaan Filipina.

Di ranah artis sedang ramai adu ring tinju. Terbaru ada Faris Salam dari Binjai yang menang melawan Kakaje. Jika hendak mengenang dunia tinju Indonesia, beberapa nama itu bisa jadi patokan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar