Olahraga

Ada Asa Untuk Aremania dan Bobotoh Kembali Satu Tribun

Pertandingan Arema Vs Persija

Malang (beritajatim.com) – Polres Malang menyatakan siap memberikan pengamanan bila Panpel Pertandingan Arema FC kontra Persib di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Minggu, (8/3/2020) memberikan kuota 5 persen bagi Bobotoh. Kuota untuk suporter tim tamu merujuk pada regulasi operator Liga 1 2020.

Aremania Korwil Klayatan, Ahmad Ghazali mengatakan secara umum Aremania menghormati regulasi kuota 5 persen suporter tamu. Akan tetapi, Polisi juga diminta untuk mempertimbangkan faktor keamanan. Apalagi hubungan kedua kelompok suporter belum mencair meski sebenarnya hubungan Aremania dan Bobotoh harmonis di medio awal 2000-an.

“Sesuai regulasi memang suporter tim tamu harus hadir, kita harus wajib menghormati. Tetapi harus mempertimbangkan keamanan. Nanti bila tidak memungkinkan, mereka tidak hadir kesini kita juga tidak hadir kesana. Terutama apakah, akar rumput dari Aremania dan Bobotoh atau Viking bisa saling menerima. Memang masih riskan, tetapi kalau mengacu regulasi harus di berikan,” kata Ghazali, Selasa, (3/3/2020).

Rencananya sebelum pertandingan, bakal ada rapat koordinasi keamanan lanjutan antara Polres Malang dan Panpel Pertandingan termasuk opsi kehadiran dedengkot Bobotoh atau Viking dan Aremania untuk membuka pintu silaturahmi. Rakor ini juga untuk membahas penempatan tribun suporter tim tamu termasuk teknis pengamanan.

Aremania sendiri mengaku terbuka bila ada pertemuan dengan ketua Bobotoh maupun Viking. Menurutnya tidak ada sejarah permusuhan antara Aremania dan Bobotoh. Konflik antar suporter biasanya terjadi di tingkat akar rumput karena mudah terprovokasi kelompok lain.

“Kalau memang sebelum pertandingan ada pertemuan dari ketua Bobotoh atau Viking ya monggo kita terbuka untuk bersilaturahmi. Karena kita tidak ada sejarah permusuhan sebenarnya, cuma akar rumput yang mudah terprovokasi. Tetapi saat ini harus kembali ke diri masing-masing,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar