Olahraga

Mafia Bola Bukan Hanya Bandar, Agen Pemain Bisa Terlibat

Surabaya (beritajatim.com) – Terkuaknya pengaturan skor pada sepak bola Indonesia rupanya berdampak pada semua pihak. Salah satunya Agen pemain Indonesia, pengaturan skor ini disinyalir juga ikut bermain dalam praktik match fixing di sepak bola Indonesia.

Hal ini tentu bisa terjadi,  mengingat agen pemain juga memiliki kedekatan dengan pemain maupun pelatih maupun manajen tim semua liga di Indonesia.

Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali mengungkapkan, praktik match fixing melibatkan semua kalangan. Mulai dari investor, federasi melalui badan-badannya, wasit, runner, pelatih hingga pemain.

Permasalahan ini sudah mengakar ini, perlu keseriusan dari federasi maupun pemerintah beserta tangan-tangannya.

“Kalau masalah pidana bukan hanya diselesaikan di keluarga sepak bola, tetapi juga harus hukum positif,” ucap Akmal disela acara diskusi PSSI Harus Baik, Senin (17/12/2018).

Bahkan adapun beberapa  nama agen sepak bola Indonesia yang  terlibat dalam pengaturan skor. Karena koneksinya yang bisa menembus pemain maupun pelatih, agen juga berpotensi untuk mengatur sebuah pertandingan.

Salah satunya dengan meminta siapa pemain yang akan turun, mencetak gol hingga menit ke berapa gol akan diciptakan.

\\\”Agen pemain terlibat mungkin iya. Biasanya agen pemain terkoneksi dengan pelatih,” ucap eks pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia Rochy Putiray.

Sementara itu, manajer Madura FC Januar Herwanto tak menampik jika hal itu bisa terjadi. Untuk menangkalnya, sebisa mungkin Madura FC menghindari penggunaan jasa agen saat merekrut pemain.

“Pemain memang kurang, tetapi stabilitas tim bagus,” sebut Januar.[way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar