Olahraga

IPSI Banyuwangi Regenerasi Pendekar Muda

Banyuwangi (beritajatim.com) – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuwangi gelar Kejurkab Pencak Silat Pelajar Tahun 2018. Sebanyak 23 perguruan silat turun dalam perhelatan tahunan ini.

\\\”Pesertanya ada 871 pesilat dari berbagai perguruan. Kali ini kita gelar pesertanya hanya dari tingkat SD dan SMA. Ini akan digelar selama kurang lebih 6 hari Senin – Sabtu (17-22) Desember 2018,\\\” ungkap Sekretaris IPSI Banyuwangi, Hidayatur Rohman saat pembukaan Kejurkab di GOR Tawang Alun, Banyuwangi, Selasa (18/12/2018).

Meski hanya diikuti SD dan SMA, kata Dayat, namun jumlah pesilat yang datang pada kejuaraan ini cukup tinggi. \\\”Tahun kemarin SD, SMP, SMA jumlah pesertanya 1.300 orang. Sekarang SD dan SMA 871 atlet. Berarti tahun ini pesertanya jauh lebih meningkat,\\\” ujarnya.

Artinya, olahraga pencak silat kini makin diminati. Hal ini juga terlihat dari jumlah perguruan silat yang terus berproses mengajukan gabung menjadi anggota IPSI Banyuwangi.

\\\”Dari jumlah keseluruhan, peserta terbanyak dari PSHT yang mencapai 40 persen dari total atlet yang mendaftar. Karena ekstra kurikuler di tingkat SD, SMP dan SMA lengkap. Nanti juga kita serahkan SK anggota IPSI Banyuwangi sebanyak 23 perguruan,\\\” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Dayat, ajang ini juga diikuti oleh sejumlah atlet yang sedang menjalani TC atau pemusatan latihan. Seklaigus menjadi arena uji coba para atlet dalam mempersiapkan diri jelang Porprov Jatim 2019.

\\\”Ada 44 kelas yang dipertandingkan, plus kategori tunggal dan ganda. Tiap kelas diambil juara 1,2 dan 3. Untuk tingkat SD dalam rangka mencari bibit pesilat unggulan. Sedangkan tingkat SMA guna persiapan Porprov maupun pra PON,\\\” terangnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Banyuwangi I Made Cahyana Negara berharap kejuaraan silat lebih meningkat dan berkualitas, baik di sisi pertandingan maupun hadiahnya.

\\\”Kejuaraan ini agar menghasilkan atlet yang berbicara di level nasional dan internasional,\\\” ungkapnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar