Iklan Banner Sukun
Olahraga

7 tips olahraga mata agar tetap sehat

(Foto: Jonathan Borba, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Selain olahraga tubuh, mata juga harus diajak berolaharaga. Bukan, bukan dengan melihat oppa-oppa korea atau wanita-wanita cantik. Tetapi, diajak berolahraga dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu agar mata tetap terjaga kesehatannya. Berikut ini 7 tips olahraga mata yang bisa Anda lakukan dengan rutin dimana saja. Simak selengkapnya.

Istirahat mata sejenak

Banyaknya aktivitas sehari-hari membuat mata yang sering terpapar cahaya akan membuat mata kelelahan, namun untuk mencegah melemahnya otot pada mata anda bisa pejamkan mata sejenak dan Istirahatkanlah mata selama beberapa menit Atau paling maksimal 10 menit.

Putar bola mata

Melakukan putaran pada bola mata Sarah jarum yang mampu meningkatkan otot mata sehingga kemampuan penglihatan akan kembali baik. Anda bisa lakukan olahraga ini secara teratur, caranya dengan duduk rileks dan nyaman lalu lihat pojok mata kanan kemudian putar ke atas, ke kiri, dan ke bawah, atau searah dengan jarum jam.

Fokus terhadap satu objek

Yang ketiga olahraga mata seperti ini dapat dilakukan sambil duduk atau berdiri, caranya lihat pandangan lurus ke depan lalu pandang satu titik Objek yang anda pilih. Lalu fokuskan penglihata anda Tersebut selama satu hingga 2 menit. Dan lakukan olahraga ini secara teratur agar fokus pandangan Anda kembali dalam.

Lihat maju-mundur

Olahraga yang satu ini dapat dilakukanlah dengan berdiri atau duduk tegak, kemudian ambil pensil dan pegang pensil didepan mata. lalu fokuskan penglihatan mata Anda tetap ke arah ujung pensil, setelah itu gerakan pensil tersebut maju dan mundur.

Fokus dari dihidung

Melakukan olahraga ini cukup dengan duduk pada posisi bersila senyaman mungkin lalu fokuskan penglihatan ke ujung hidung sehingga pandangan selain itu akan kabur, setelah itu letakkan jari telunjuk dengan perlahan ke arah depan hidung sampai ujung jari terlihat fokus pada mata. Lakukan hal ini secara berulang- ulang selama kurang lebih 1 min.

Berkedip secara terus menerus selama 1 menit

Olahraga yang satu ini dilakukan untuk membersihkan bola mata agar berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. mata yang kering akan mudah masuk debu dan menyebabkan iritasi, oleh karena itu olahraga ini cocok dilakukan bagi mereka yang sering terpapar udara dingin. caranya cukup mudah lakukan kedipan mata selama 30 hingga 60 detik secara terus menerus.

Memijat mata

Untuk melakukan olahraga ini harus dilakukan dengan hati – hati dan lembut, karena jika terlalu keras dapat membuat iritasi pada mata. melakukan olahraga ini cukup dengan duduk tegak dan nyaman, kemudian pejamkan mata dan taruh dua jari tunjuk dan jari tengah di masing masing Kelopak mata, kemudian pijat memutar selama 10 Detik. Selain Kelopak mata lakukan yang sama juga di bawah bola mata untuk mengurangi efek kantung mata. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar