Iklan Banner Sukun
Olahraga

600 Personel Polres Jember Amankan Porprov Jatim VII

Pasukan Polres Jember saat mengamankan pemilu.

Jember (beritajatim.com) – Kepolisian Resor Jember mengerahkan 600 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII. Porprov resmi dibuka di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (25/6/2022) malam.

Kendati baru akan dibuka pada Sabtu malam, sejumlah pertandingan cabang olahraga sudah digelar lebih dulu, antara lain sepak bola, drum band, bola basket, bola tangan, dan futsal. “Personel kepolisian akan diturunkan pada semua venue, dan berkolaborasi dengan personel Kodim (Komando Distrik Militer) 0824 maupun Pemkab Jember,” kata Kepala Polres Jember Ajun Komisaris Besar Hery Purnomo.

Pembagian personel jaga disesuaikan dengan tingkat kerawanan di masing-masing venue dan kegiatan. “Kami akan menambah personel jika di tempat-tempat tersebut membutuhkannya,” kata Hery.

Polres Jember mengantisipasi semua kerawanan. “Mulai dari tindak pidana atau mungkin kerusuhan. Biasanya ada beberapa pertandingan yang sangat rentan yang melibatkan penonton begitu banyak, seperti sepak bola. Ada massa yang sangat fanatik terhadap daerahnya. Ini kami antisipasi lebih dini agar tak ada permasalahan yang timbul,” kata Hery.

Sementara untuk pengamanan pembukaan porprov, Hery berkoordinasi dengan Pemkab Jember. “Kami akan antisipasi semaksimal mungkin agar gelaran tersebut bisa ter-back up penuh oleh kepolisian,” katanya.

Bupati Hendy Siswanto mengatakan, pengamanan nomor satu. “Polres sudah mengerahkan 190 personel untuk sepak bola. Pengamanan bukan hanya saat bertanding, tapi juga setelahnya. Kita harus bisa mengamankan tim dari luar Jember,” katanya.

Hendy meminta kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Dinas Pemuda dan Olahraga Jember agar meningkatkan pengamanan jika memang diperlukan, termasuk melibatkan TNI. “Kalau mainnya aman-aman. Tapi bubarnya ini yang perlu diantisipasi,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar