Iklan Banner Sukun
Olahraga

5 Wasit Liga 1 Kena Sanksi, Sementara Dilarang Memimpin Pertandingan

Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh UB

Surabaya (beritajatim.com) – Komite Wasit PSSI terus melakukan pengawasan kinerja wasit di kompetisi Liga satu yang tengah bergulir sejak akhir Juli lalu. Dari tiga pertandingan yang telah digelar di Liga 1, komite wasit PSSI telah mengistirahatkan lima orang wasit atau dalam artian tidak lagi ditugaskan untuk sementara.

Adapun tiga wasit ini adalah wasit tengah dan dua asissten wasit dikarenakan melakukan kesalahan saat memimpin pertandingan atau faktor teknis bukan karena faktor non teknis.

Dari kelima wasit yang kena sanksi ini terdiri dari wasit yang memimpin pertandingan Bali United melawan Persija Jakarta, PSIS Semarang melawan Rans Nusantara dan Persib Bandung melawan Madura United.


“Dengan masih banyaknya keputusan wasit yang merugikan tim, VAR di kompetisi liga selanjutnya dinilai sangat dibutuhkan sekali guna membuat keputusan wasit yang lebih adil,” ungkap Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut dikatakan Riyadh, wasit yang diistirahatkan ini sementara waktu tidak boleh memimpin pertandingan selama dua hingga tiga bulan. Sementara Komite Wasit juga masih mengevaluasi beberapa kinerja wasit, dan jika terbukti melakukan pelanggaran akan diistirahatkan.

Bahkan dalam waktu dekat untuk menilai kinerja wasit, Komite Wasit akan membuat sistem rangking terhadap wasit, dengan rangking ini akan memunculkan wasit berkualitas yamg terbaik dan mereka yang akan mendapatkan banyak jatah memimpin pertandingan.

“Jadi kita tahun ini mulai membuat sistem rangking terhadap wasit, dimana wasit dengan rangking terbaik akan lebih sering mendapat jatah memimpin pertandingan,”tutupnya. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar