Iklan Banner Sukun
Olahraga

5 Pemain Paling Versatile dengan Posisi Terbanyak di Sepakbola, Salah Satunya David Alba

David Alaba, salah satu pemain paling versatile (Tangkapan Layar Instagram @davidalaba)

Surabaya (beritajatim.com) – Sepakbola terus berkembang dan menjelma sebagai salah satu olahraga paling digemari. Aksi bintang lapangan hijau merupakan daya tarik utama dalam sajian sepakbola. Banyak pemain yang begitu bersinar di masing-masing posisi.

Namun dengan berbagai jenis strategi pelatih, para pemain harus bisa menambah kemampuan. Termasuk dengan mampu bermain di banyak posisi di luar posisi yang biasanya. Itulah yang disebut dengan pemain versatile atau biasa dikenal dengan pemain serba bisa di beberapa posisi.

Para pemain ini mungkin tidak terlalu banyak mendapat sorotan. Namun sebenarnya, peran mereka sangat penting dan dibutuhkan oleh para pelatih. Berikut ini daftar pemain versatile dengan posisi terbanyak di sepakbola

David Alaba – 7 Posisi

Nama Alaba pertama kali mencuat pas jadi bek kiri Bayern München awal dekade 2010-an lalu. Usai lama nyaman di posisi itu, barulah Alaba dicoba ke 6 posisi lain, termasuk sekali tampil sebagai gelandang serang. Belakangan, Alaba tampil luar biasa di posisi nyamannya sebagai bek tengah.

Ruud Gullit – 9 Posisi

Gelandang dengan penampilan nyentrik yang menjadi mantan pemain Timnas Belanda dan AC Milan era 80-an, Ruud Gullit juga terkenal sebagai pemain multi posisi.

Gullit pernah bermain di 9 posisi berbeda, termasuk sebagai sweeper dan bek tengah. Meski begitu, posisi andalannya tetap di lini depan, termasuk winger kanan dan centre forward.

Alessandro Florenzi – 9 Posisi

Nama Florenzi memang sangat layak masuk dalam daftar pemain versatile dengan banyak posisi. Bek senior Italia ini dikenal sebagai ‘ban serep’ pada tiap klub yang sudah pernah dibela.

Florenzi bisa bermain di semua lini (belakang-tengah-depan) dan hampir selalu perform. Tapi, Florenzi kurang maksimal saat bermain di sisi kiri (weak foot).

James Milner – 9 Posisi

Milner, yang dulu mendapat julukan wonderkid abadi Liverpool sudah pernah tampil di 9 posisi berbeda sepanjang kariernya.

Milner pernah jadi winger kiri, winger kanan, semua sisi di lini tengah (RM, LM, CM, CAM, CDM), bek kiri, dan bek kanan. Di antara semuanya itu, posisi favorit Milner adalah gelandang tengah.

Ashley Young – 11 Posisi

Kembalinya Young ke Aston Villa musim 2021/22 sekaligus jadi nostalgia terhadap klub yang lama ia perkuat di masa muda dulu, sekaligus tempat ia mengeksplor banyak posisi baru. Di sepanjang karir Ashley Young hanya 2 posisi yang belum pernah Young coba yaitu kiper dan gelandang bertahan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar