Iklan Banner Sukun
Olahraga

4 Pemain Sepakbola yang Menang di Pertarungan Melawan Kanker

Foto Andy Goram, yang baru-baru ini divonis terkena kanker (Tangkapan Layar Twitter @Box2BoxBola)

Surabaya (beritajatim.com) – Di antara banyaknya pemain sepak bola tentu banyak serba serbi yang terjadi. Termasuk beberapa diantaranya ada yang survive melawan penyakit kanker.

Motivasi ini mungkin bisa jadi pelecut semangat bagi orang-orang di luar sana yang tengah berjuang untuk melawan penyakit. Mantan kiper dari Manchester United sekaligus legenda Rangers, Andy Goram, baru divonis tim dokter hanya memiliki waktu 6 bulan tersisa untuk hidup. Dia didiagnosa terkena kanker esofagus.

Goram yang berusia 58 tahun, menolak kemoterapi dan ingin menikmati ‘sisa’ hidupnya semaksimal mungkin. Sembari mengirim bagi Andy Goram, kita perlu tahu kalau pesepakbola yang sehat pun ternyata bisa kena kanker. Beberapa diantaranya bisa menaklukkan penyakit itu. Berikut ini 5 pemain sepakbola yang sembuh dari kanker.

German Burgos – Kanker Ginjal

Mantan kiper dari Atl├ętico Madrid yang dikenal dengan rambut gondrongnya ini pernah menderita kanker ginjal di penghujung karier, tepatnya waktu usianya 33 tahun, 2003 silam. Beruntung, kanker itu cepat terdeteksi, sebelum berkembang lebih parah. Setelah operasi, Burgos bisa bermain lagi.

Eric Abidal- Kanker Hati

Pada tahun 2011 lalu, Abidal divonis terkena kanker hati saat masih aktif jadi pemain Barcelona. Butuh beberapa bulan bagi Abidal menjalani berbagai tahap penyembuhan sampai akhirnya bisa sembuh, termasuk transplantasi hati. Hebatnya, Abidal masih bisa selang-seling main saat masih terkena kanker.

Jonas Gutierrez – Kanker Testis

Mantan bek Newcastle ini pertama kali mengeluh sakit di bagian testis setelah dirinya bertabrakan dengan Bacary Sagna pada sebuah laga tahun 2013. Setelah dilakukan diagnosa oleh dokter, ternyata dia mengidap kanker yang sudah menjalar ke seluruh testisnya. Akhirnya, Gutierrez menjalani operasi dan berbagai kemoterapi hingga dirinya dinyatakan sembuh.

Yeray Alvarez – Kanker Testis

Bek tengah dari Athletic Bilbao ini bukan hanya sekali, tapi dua kali terkena kanker testis. Kanker pertama muncul di akhir 2016 saat usianya masih 21 tahun, dan setelah sempat sembuh, kankernya muncul lagi di pertengahan 2017. Setelah kemoterapi rutin, Yeray dinyatakan cancer-free di tahun 2018 lalu.

Jika beberapa pemain itu sembuh, semoga yang masih berjuang kanker di luar sana juga dapat sembuh. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar