Olahraga

Elite Pro Academy 2020

314 Pemain Muda Ikuti Seleksi Madura United U16

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 314 pemain muda dari empat kabupaten berbeda di Madura, mengikuti seleksi pemain Madura United FC U16 yang bakal dipersiapkan untuk kompetisi Elite Pro Academy musim 2020 mendatang.

Para pemain muda tersebut menjalani seleksi selama tiga hari terakhir yang dipusatkan di Stadion R Soenarto, Jl Stadion, sejak Senin (9/3/2020) lalu. Mereka harus berupaya menunjukkan kemampuan terbaik guna masuk sebagai bagian dari tim berjuluk Laskar Sape Kerrab Ngodeh.

“Total pemain yang tercatat sebagai peserta seleksi sebanyak 314 orang, mereka merupakan para pemain muda yang berasal dari empat kabupaten berbeda di Madura, mulai dari Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep,” kata Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ul Haq Abdurrahim, Rabu (11/3/2020) malam.

Dari total pemain tersebut, nantinya pihak manajemen bakal mengambil sebanyak 30 pemain yang akan dijadikan sebagai bagian dari pemain muda Madura United. Bahkan seluruhnya merupakan pemain asal Pulau Garam. “Para peserta seleksi ini, seluruhnya merupakan bibit muda Madura. Hal itu juga komitmen kami dari awal,” ungkapnya.

“Jadi proses seleksi ini kita lakukan sebagai upaya untuk berkompetisi pada ajang Elite Pro Academy 2020, sebab para pemain sebelumnya sebagian langsung diproyeksikan ke skuad U18 atau U19. Sehingga kita kembali menggelar seleksi untuk menghadapi musim ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, keberadaan skuad junior memang menjadi kewajiban bagi seluruh tim yang berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola tanah air. Termasuk Madura United FC yang juga harus menjalani kewajiban sesuai dengan regulasi yang dipatenkan oleh regulator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kondisi tersebut ternyata mulai memberikan harapan dan angin segar bagi seluruh pemain asli Madura, sebab beberapa di antara mereka juga sempat ada yang dipanggil dan mengikuti program seleksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia, sekalipun pada level junior.

Salah satu pemain yang tergabung dalam Madura United Football Akademy, yakni Febrian Tri Yanto. Ia untuk kedua kalinya kembali dipanggil Timnas Indonesia U16, untuk menjalani program pemusatan latihan alias Training Centre (TC) di Yogyakarta, beberapa waktu lalu. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar