Iklan Banner Sukun
Olahraga

3 Skill Langka yang Dimiliki Sergio Busquets, Nomor Dua Paling Dibutuhkan

Sergio Busquets yang memiliki triple skill yang bisa diandalkan. (Tangkapan Layar Instagram @5sergiob)

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu pemain yang cukup baik dari Barcelona adalah Sergio Busquets. Ya, dia adalah pemain yang punya tiga skill andalan langka yang paling dibutuhkan dalam setiap pertandingan sepakbola.

“Jika Anda pernah menyaksikan pertandingan Barcelona, mungkin cukup jarang melihat Busquets. Tapi jika Anda melihat Busquets maka Anda melihat keseluruhan pertandingan.” Begitu kiranya kata-kata yang pernah disampaikan oleh Vicente del Bosque.

Kalimat itu bisa menjadi gambaran Busquets merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Spanyol dan Barcelona. Lantas apa saja skill langka yang dimiliki oleh Sergio Busquets hingga membuatnya jadi pemain yang begitu spesial?

Awareness dan Decision Making

Dua aspek ini yang membuat pemain asal Spanyol itu dapat bertahan di level tertinggi dengan waktu yang lama. Kunci atas semua ini sebenarnya simpel, yaitu selalu melakukan shoulder check yang berguna untuk melihat posisi rekan-rekannya, ruang, dan mengkalkulasikan waktu yang tepat untuk mengeksekusi sesuatu.

Busquets pandai dalam mengatur ruang, melihat rekan, dan menjalankan tempo. Ia bisa dikatakan sosok kapten yang kompleks, dengan pemahaman ruang yang luar biasa.

Distribusi Bola yang Baik

Busquets juga punya tugas untuk membantu membangun serangan timnya, maka dari itu tidak heran jika pemain ini memiliki kemampuan yang baik dalam distribusi bola.

Apalagi Barcelona dan Spanyol sangat mengandalkannya dalam possession based game mereka, sehingga kemampuan distribusi bola yang baik darinya sangat krusial untuk menjaga possession dan mencoba membuka peluang ke final third lawan.

Busquets paham kapan bola harus ditahan sejenak , lalu dialirkan ke depan atau kembali ke belakang. Pemain ini juga paham mengatur laju bola dan tempo permainan dengan sama baiknya.

Mampu Mencegah Serang Lawan

Meski dia berposisi sebagai gelandang bertahan, Busquets tidak seperti Casemiro atau Kante yang kerap mengandalkan kekuatan untuk menghentikan lawan. Dia punya cara yang simpel saat akan menghentikan serangan lawan.

Busquets biasanya mengandalkan positioning yang tepat untuk melakukan interception, atau menjebak lawannya untuk melakukan kesalahan. Gaya ini jarang dimiliki pemain gelandang jangkar. Busquets seolah mampu mengkomparasikan otak dan otot dengan sama baiknya.

Masa Busquets mungkin akan segera habis, ia butuh sosok suksesor. Barcelona sudah mencoba peruntungannya dengan membeli Franck Kessie dari Ac Milan. Mampukah Kassie jadi suksesor Busquets? (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar