Iklan Banner Sukun
Olahraga

3 Bek Yang Sulit Tergantikan Perannya, Puyol Bahkan Punya Jiwa Kepemimpinan

Foto Carles Puyol dan Gerrad Pique (Tangkapan Layar Instagram @carles5puyol)

Surabaya (beritajatim.com) – Pemain bertahan atau defender, jelas adalah tembok terakhir sebelum akhirnya lawan bisa berhadapan langsung dengan penjaga gawang. Sebagus apapun striker, sehebat apapun kiper, tak akan bisa jadi penentu dari kemenangan jika tidak di dukung oleh defender yang kuat dan gahar.

Terlebih akhir-akhir ada sosok bek yang ramai jadi perbincangan karena aksi blunder, yaitu Harry Maguire. Itu membuktikan betapa sosok bek atau pemain defender punya peran yang vital bagi kemenangan tim. Berikut ini, sosok bek yang perannya sulit tergantikan.

Rio Ferdinand

Penggemar Man United tentu menantikan sosok layaknya Ferdinand, apalagi jika berkaca pada penampilan para bek tengah akhir akhir ini, pasti akan semakin rindu.

Sebab sebagus apapun lini depan, tak ada gunanya jika lini belakang tak mampu menahan gempuran lawan. Man United jelas butuh akan sosok tangguh, agresif, cermat dalam membaca pergerakan lawan, dan bisa diandalkan dalam situasi genting seperti yang dimiliki Rio Ferdinand.

Carles Puyol

Semenjak Puyol pensiun hingga saat ini, Barcelona tidak kunjung mendapat pengganti Puyol yang sepadan. Nama-nama seperti Umtiti, Lenglet, Todibo, Mina sampai Mathieu belum mampu jadi tandem yang oke untuk Pique.

Puyol adalah sosok bek yang dibekali jiwa kepemimpinan, cekatan dalam menutup ruang, dan sangat disegani kawan maupun lawan. Memang tak mudah mencari sosok seperti Puyol pada saat ini.

Paolo Maldini

Jika ada sepuluh bek tengah muda yang ditanya siapa idolanya, pasti beberapa dari mereka menjawab Maldini. Sosok Maldini mampu membawa AC Milan ditakuti bukan hanya di Italia bahkan seantero Eropa dan dunia.

Maldini mampu bermain di semua posisi lini belakang, ditakuti oleh lawan, dan juga disegani oleh rekan-rekan satu timnya.

Tidak heran jika hingga saat ini, Milan tak kunjung berhasil dapatkan pemain yang mampu menggantikan peran dari Maldini.

Pada masa kejayaannya berkat ketiga defender itu, masing-masing klub yang dibelanya banyak ditakuti tim lawan. Bahkan AC Milan, Barcelona, dan Man United kala dibela ketiga bek itu jadi jawara Eropa hingga dunia. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar