Iklan Banner Sukun
Olahraga

10 Kontingen Bertanding di Kejurkot NPCI Kota Mojokerto 2022

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari membuka Kejurkot NPCI Kota Mojokerto 2022 di Gelora A Yani Kota Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Even kejuaraan tingkat kota (Kejurkot) National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kota Mojokerto tahun 2022 resmi digelar. Pekan Paralympic Kota Mojokerto 2022 ini, diikuti 10 kontingen dengan 200 atlet yang akan bertanding di Gelanggang Olahraga (Gelora) Ahmad Yani, Kota Mojokerto.

Sebanyak 10 kontingan Kabupaten/Kota di Jawa Timur tersebut yakni dari Kabupaten/Kota Mojokerto Kabupaten/Kota, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Jombang, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, dan Bangkalan.

“Ini bagian dari komitmen saya bahwa penganggaran di Kota Mojokerto sudah perspektif gender. Kita mengalokasikan anggaran yang memadai untuk memfasilitasi Sumber Daya Manusia di bidang olahraga khususnya disabilitas agar memiliki kesempatan yang sama,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Selasa (28/6/2022).

Olahraga bagi paralympic selain dijadikan sebagai bentuk rehabilitasi, juga dijadikan sebagai media untuk menorehkan prestasi. Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini berharap dengan adanya fasilitasi tersebut akan semakin memicu semangat para atlet difabel lainya yang memiliki bibit berprestasi.

“Mungkin saat ini belum muncul tapi sudah ada bibit-bibit berprestasi, sehingga semakin banyak SDM unggul dari Kota Mojokerto dari berbagai bidang termasuk olahraga. Diharapkan tahun-tahun berikutnya ketika mengikuti Kejurprov Paralympic maupun Pekan Paralympic Nasional, maka atlet-atlet paralympic kita akan memberikan yang terbaik untuk Kota Mojokerto,” katanya.

Tidak hanya itu, Ning Ita (sapaan akrab, red) berharap, hal tersebut memiliki harapan besar melalui ajang Kejurkot tersebut bisa semakin meningkatkan prestasi seluruh atlet paralympic. Dengan adanya pengembangan dan pemberdayaan bagi disabilitas di bidang olahraga paralympic, dapat membantu untuk tetap berprestasi, berkreasi, dan mengharumkan nama Kota Mojokerto dalam setiap kompetisi.

Sementara itu Novi Rahardjo, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto menuturkan, ada tujuh Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam kejuaraan yang digelar selama dua hari dari tanggal 28-29 Juni 2022 tersebut.

“Yakni bulutangkis, tenis meja, catur, lari, lompat jauh, lempar lembing, dan tolak peluru. Ada tiga lokasi yang menjadi lokasi yakni di SDN Wates 3 untuk Cabor Bulutangkis, Lapangan Indoor Magersari untuk Cabor Tenis Meja dan Catur, sementara Cabor Atletik (Lari, Lompat Jauh, Lempar Lembing, Tolak Peluru) seluruhnya ditempatkan di Gelora Ahmad Yani,” jelasnya.

NPCI Kota Mojokerto merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pembinaan olahraga bagi penyandang disabilitas. Turut hadir Ketua NPCI Jawa Timur Imam Kuncoro, Ketua NPCI Kota Mojokerto Pity Khifarudin, Ketua KONI Kota Mojokerto Santoso Bekti Wibowo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kota Mojokerto Amin Wachid. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar