Iklan Banner Sukun
Internasional

Viral Keluhan Karyawan Kafe, Kerja 12 Jam Plus Bersihkan Toilet Tapi Digaji Rendah

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Malaysia merencanakan kenaikan upah minimum dari 1.200 ringgit (Rp4 juta) menjadi 1.500 ringgit (Rp5 juta) per bulan. Kenaikan ini dinilai perlu dilakukan mengingat besaran upah tersebut tidak memadai untuk kebutuhan saat ini.

Baru-baru ini, UTAR Confessions 2022/2023 membagikan pengakuan anonim oleh seseorang yang mengaku bekerja di restoran hotpot dengan gaji bulanan 1.200 ringgit. Di Malaysia, upah ini dinilai rendah.

Parahnya, pekerja itu terkena beban sangat berat. Dia harus bekerja melebihi batasan jam, ditambah pekerjaan di luar tangung jawabnya.

Orang tersebut tidak hanya mengeluh tentang pekerjaanya membersihkan kamar kecil tetapi juga jam kerjanya yaitu dari jam 12 siang sampai jam 12 pagi. Dia juga mengatakan bosnya tidak dapat memahami mengapa orang terus-menerus mengeluh tentang pekerjaan itu.

“Bos saya mengatakan orang-orang pilih-pilih saat ini, tetapi halo! Anda hanya membayar kami 1.200 ringgit untuk semuanya. Ini adalah lelucon,” ujarnya dikutip dari World of Buzz.

Dalam artikel berita itu pun dilampirkan beberapa tangkapan layar dari teks elektronik antara Bos dan Pekerja.

Bos: 6 hari kerja per minggu. 12 jam kerja per hari. Kami membayar RM1,200. Apakah kamu menerima?
Pekerja: Bagaimana jika saya bekerja tanpa menerima upah?
Bos: Anda bercanda, kan?
Pekerja: Anda yang memulai leluconnya terlebih dahulu.

Begitulah akhir dari percakapan teks elektronik tersebut.

“12 jam kerja dan membersihkan kamar kecil? Saya bahkan tidak akan melakukannya untuk 2.200 ringgit,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warganet berpikir bahwa orang tersebut harus membawa masalah ini lebih jauh ke departemen tenaga kerja.

“Upah minimum pekerja asing bahkan tidak serendah ini. Mereka dibayar lebih dari Anda,” ujarnya.

“Rata-rata, Anda berharga 3,33 ringgit (Rp11.300) per jam,” tambah yang lain.

Pekerjaan di bidang makanan dan minuman tentu tidak mudah karena mereka harus bekerja di hari libur dan akhir pekan sambil jauh dari orang yang mereka cintai. Apakah menurut Anda para pekerja di restoran hotpot dibayar rendah? (adg/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar