Internasional

Tenggak 246 Paket Kokain, Pria Jepang Tewas

Kolombia (beritajatim.com) – Sebanyak 246 paket kokain ditemukan dalam perut seorang pria Jepang yang meninggal dalam penerbangan dari Bogota ke Tokyo, kata pihak berwenang di utara Meksiko, yang menjadi lokasi pendaratan darurat pesawat itu.

Pria berusia 42 tahun yang diidentifikasi hanya sebagai Udo “N”, kejang-kejang saat terbang dari ibu kota Kolombia ke Mexico City untuk mengejar penerbangan terusan ke Jepang, kata kantor jaksa negara bagian Sonora, seperti dikutip dari AFP, Rabu (29/5/2019).

“Awak kabin melihat seorang penumpang kejang-kejang dan kemudian meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat di Hermosillo, Sonora,” kata kantor jaksa dalam pernyataannya.

“Ketika pesawat mendarat pada pukul 2:25 Jumat pagi, paramedis menaiki pesawat dan menyatakan Udo “N” sudah meninggal.”

Hasil otopsi menemukan pria tersebut menelan 246 paket kokain yang masing-masing berukuran 2,5 centimeter. Penyebab kematian adalah pembengkakan di otak akibat overdosis, menurut pernyataan tersebut.

Pesawat Aeromexico yang membawa 198 penumpang lainnya dalam penerbangan dari Mexico City ke Tokyo, meneruskan perjalanan setelah jenazah dievakuasi dari pesawat dan protokol internasional dijalankan, kata jaksa.

Membawa narkoba dengan disusupkan dalam “keledai” manusia, sebutan untuk kurir perdagangan narkoba, menjadi taktik populer penyelundupan narkoba oleh kartel-kartel. [voa]

Apa Reaksi Anda?

Komentar