Internasional

Napak Tilas Keajaiban Dunia Islam di Afrika dan Timteng (9)

Tempat Lahir Rasulullah Jadi Penyebar Ilmu se-Dunia

Penulis (Ferry Is Mirza) sedang berada di depan bangunan perpustakaan di dekat Masjidil Haram. Perpustakaan ini dulunya rumah tempat Rasulullah Muhammad SAW dilahirkan di tahun gajah. [Foto: Fim/bj.com]

Makkah (beritajatim.com) – Alhamdulillah di sepertiga malam Sabtu (4/1/2020) dini hari, sebelum masuk ke Masjidil Harram, penulis ke tempat lahir Nabi Besar Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Lokasinya di Jabbal Qubays, Makkah Almukarromah.

Tempat lahir Rasulullah sekitar 2.500 tahun lalu itu bersebelahan dengan istana raja itu. Tak jauh dari pintu keluar bukit Marwah atau pintu Babbussalam.

Sebagai petunjuk ke lokasi, sebelum masuk Gate 1 King Abd Azis, ke arah kanan. Menyusuri sisi belakang istana sejauh hampir 300 meter, ada Gate Nabi atau pintu 14. Setelah melewati pintu 14 sekitar 150 meter belok ke kanan, tampak bangunan dua tingkat bercat krem (lihat foto, red). Luas bangunan sekitar 15 x 30 meter.

Di samping belakang bangunan itu ada pompa air zamzam khusus untuk menyuplai kebutuhan Masjidil Haram dan jamaah yang membutuhkan. Gratis tis.. Nah di bangunan itulah junjungan dan panutan umat Islam dilahirkan.

Meski telah berubah jadi bangunan perpustakaan, bekas rumah keluar Bani Hasyim auranya tetap terasa bagi yang berkunjung. Dan tempat lahir Rasulallah di tahun gajah itu, kini dengan koleksi buku-bukunya jadi penyebar ilmu untuk umat manusia se-dunia. [fim/air/bersambung]





Apa Reaksi Anda?

Komentar