Internasional

Menentang Perdana Menteri

Puluhan Ribu Warga Israel Demo di Tengah Lockdown

Sejumlah polisi Israel menahan seorang pedemo dalam unjuk rasa menentang kebijakan karantina wilayah (lockdown) terkait pandemi virus corona. Namun, para pedemo berpendapat lockdown untuk meredam demo anti Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, di Tel Aviv, Israel, 3 Oktober 2020. [Foto/AP]

Puluhan ribu warga Israel berunjuk rasa di ratusan lokasi di seluruh Israel menentang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Sejumlah demo pada Sabtu (3/10) malam terus berlanjut, meskipun pemerintah melarang demonstrasi besar-besaran dan tersentralisasi sebagai bagian dari karantina wilayah baru terkait virus corona.

Para demonstran berkumpul dekat rumah mereka, berusaha tidak melanggar pembatasan terkait pandemi yang melarang warga melakukan perjalanan dengan radius lebih dari 1 kilometer dari kediaman mereka.

Sementara Netanyahu mengatakan pembatasan itu diberlakukan karena alasan keselamatan, para pengunjuk rasa menuduhnya sengaja memperketat lockdown untuk menghambat pergerakan mereka.

Para demonstran mengatakan Netanyahu seharusnya tidak boleh menjabat sebagai perdana menteri ketika sedang menjalani persidangan atas tuduhan korupsi. Mereka juga menuduh Netanyahu ceroboh dalam menangani krisis virus corona. [voa]





Apa Reaksi Anda?

Komentar