Internasional

Program Rekalibrasi PMI Rentan AOMI Malaysia dan KBRI Kuala Lumpur Berjalan Sukses

Kuala Lumpur – Program Rekaliberasi Pulang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diselenggarakan oleh pemerintah Malaysia, difasilitasi oleh AOMI dan KBRI Kuala Lumpur Sabtu (30/01/2021) berjalan dengan sukses.

Sebanyak 166 PMI katagori rentan –sakit, usia lanjut, anak yatim, ibu hamil, janda, Pendatang Asing Tanpa Identitas (PATI) dll– menjadi kloter pertama dengan penerbangan carter pesawat Citilink tujuan Surabaya

“Kami AOMI membuka layanan untuk membantu para PMI rentan untuk dipulangkan. Mereka PMI dengan ijin tinggal kadaluwarsa, kehilangan paspor dll dapat difasilitasi dalam program ini tapi tentu tetap kita utamakan yang rentan,” ujar Hardjito dan Khairul Hamzah, Presidium AOMI Malaysia.

Dengan didukung penuh oleh KBRI Kuala Lumpur, pengurusan administrasi seperti SPLP, Special Pass oleh JIM Jabatan Imigrasi Malaysia, tes covid-19, dan syarat lainnya bisa diselesaikan tepat waktu.

Diantara 165 PMI rentan tujuan Surabaya dan empat tujuan Medan, ada 14 orang yang secara penuh ditanggung biayanya oleh AOMI Malaysia.

Selain menggandeng Citilink untuk mendapatkan harga tiket yang terjangkau, penumpang dapat fasislitas makan juga paket bagasi 20 kg gratis agar lebih ekonomis paket extra bagasi juga dapat dijangkau dengan harga lebih murah dan itu memudahkan pengaturan calon PMI yang akan pulang dalam program rekalibrasi ini.

Dubes RI di Kuala Lumpur Hermono mengaku puas atas keberhasilan rekalibrasi pulang kloter pertama ini.
Dia juga berkomitmen untuk mendukung program ini dengan evaluasi dan peningkatan kinerja yang lebih baik.

“KBRI menyadari bahwa pekerjaan mengurus PMI dengan jumlah yang besar seperti ini tidak mungkin dilakukan sendiri. Oleh karena itu kolaborasi bersama AOMI ini membuat program rekalibrasi carter 1 pesawat ini menjadi lebih mudah direalisasikan,” ujar Hermono disela-sela wawancara ketika melepas kepergian PMI di Bandara KLIA 1.

Dalam tayangan live streaming facebook AOMI Malaysia, Agastya Harjunadhi, presidium sekaligus host mengungkapkan bahwa reportase live Program Rekaliberasi telah disaksikan dan menjangkau hingga 20 ribu viewers lebih per berita ini dirilis.

Hal ini menunjukkan antusiasme netizen dalam mengikuti perkembangan program ini.

“Alhamdulillah. Selain viewer + reachnya yang tembus lebih dari 20 ribu, komentar-komentarnya pun positif dan banyak yang memberikan dukungan dan doa agar AOMI dan KBRI Kuala Lumpur bisa melanjutkan program ini pada masa mendatang,” tandas Agas.

Diakhir pelepasan PMI, Presidium dan Timsus AOMI mengucapkan terimakasih khususnya kepada Citilink atas kerjasama dalam program pemulangan PMI Rentan ini, selain fasilitas spt tersebut diatas ini adalah wujud kolaborasi anak bangsa Indonesia.

Ucapan terima kasih juga kepada Dubes Hermono, staf KBRI ,JIM Jabatan Imigrasi Malaysia dan seluruh pihak yang mendukung. (ags/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar