Internasional

Pipa Meledak, 73 Orang Tewas

Mexico City (beritajatim.com) – Sedikitnya 73 orang tewas dalam ledakan jalur pipa BBM, Jumat (18/1/2019), di Meksiko tengah, kata gubernur negara bagian Hidalgo, Sabtu (19/1/2019).

Gubernur Omar Fayad juga mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Mexico City bahwa sedikitnya 74 lainnya cedera. Kebocoran dan ledakan yang diakibatkannya itu disebabkan oleh para pencuri yang secara ilegal mencuri BBM dari pipa gas di negara bagian Hidalgo, kata para pejabat.

Tayangan video memperlihatkan bensin menyembur dan orang-orang mengumpulkannya dalam ember, tong sampah dan wadah-wadah lain sebelum ledakan terjadi. “Saya anjurkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ikut-ikutan mencuri BBM,” kata Fayad dikutip dari laporan VOA. “Selain ilegal, tindakan itu membahayakan nyawa Anda dan membuat keluarga anda berisiko.”

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, yang telah meluncurkan penindakan tegas akan pencurian semacam itu, menyerukan “seluruh pemerintahannya” untuk membantu orang-orang di tempat kejadian. Pemerintah mengatakan pencurian BBM itu merugikan negara sekitar $3 miliar per tahun. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar